Disini saya akan share pengalaman mempraktekan metode Konmari. Konmari adalah teknik berbenah yang diperkenalkan oleh Marie Kondo. Sebelumnya saya sudah pernah mempelajari dan mempraktekan cara melipat baju ala konmari ini. Model melipat baju ala konmari rupanya saat itu hanya bertahan di almari saya selama kurang lebih 3 bulan. Saya tidak begitu suka dengan tatanannya, it doesn’t spark joy for me. Walaupun saat itu saya melipatnya sudah benar-benar sesuai dengan yang di praktekan oleh Marie Kondo, bahkan saya melihat banyak video dari Youtube cara melipat konmari agar semuanya benar-benar sesuai. Tetapi tetap saja, saya merasa ini bukan tatanan yang membuat saya lega dan puas. Saya lebih suka tatanan baju dengan dilipat biasa pada umumnya dan di gantung.


Setelah melihat video tersebut, saya menyadari satu kesalahan saya yang mungkin menyebabkan metode tersebut tidak bekerja pada saya dulu. Kesalahan tersebut adalah saya tidak melakukan sortir sampai tuntas, hanya sortir pada satu dua baju, padahal kalau di instropeksi lagi sekarang, banyak baju yang sudah sangat jarang saya gunakan tetapi masih saya simpan di almari. Selain itu, saya juga kurang fokus terhadap apa yang akan saya simpan dan value yang menjadi pertimbangan barang dibutuhkan atau tidak.


Oleh karena itu, saya memutuskan untuk meluangkan waktu kembali di lain hari untuk mencoba metode ini dalam menata baju di almari, karena saat ini baju saya dalam keadaan masih rapih.


Karena kategori pertama yaitu baju tidak dapat saya praktekan dalam misi kali ini, saya mencoba melihat kembali keadaan kamar saya, barangkali ada kategori lain yang bisa saya praktekan. Ada satu ruang di dalam rak buku saya yang cukup berantakan. Jadi mari coba kita rapihkan dengan metode konmari.

Before

Terlihat buku saya sedikit berantakan, saya mencoba merapikan dengan mengurutkan antara buku yang memiliki ukuran paling besar ke paling kecil.


Mungkin itu saja pengalaman saya menggunakan metode konmari, akan saya update lagi ketika sudah menyelesaikan metode konmari kategori melipat baju.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!