Mind atau kekuatan berpikir menunjukkan seberapa kualitas diri kita. Kekuatan berpikir ini tidak bergantung seberapa lama sekolah.


“Belajar : bukan proses banyaknya pelajaran, akan tetapi mengenai pemahaman”


Merupakan hal yang penting untuk dapat mengenali diri sendiri, karena hal tersebut akan berintegrasi dengan mind (pikiran). Berbagai cara dapat dilakukan untuk dapat lebih dekat dan mengenali diri. Yuk cek seberapa dekat/kenal kamu dengan dirimu sendiri melalui pertanyaan-pertanyaan berikut:

WHO I AM ?

  1. My Identity ?
    Mengenal identitas diri. Pada waktu kecil, kita dibiasakan mengenal identitas berupa ciri fisik, contohnya : saya adalah seorang laki-laki, saya adalah seorang perempuan.
  2. My Status ?
    Status menyangkut keadaan diri sudah berpasangan/belum.
  3. Self Vission and Mission ?
    Visi dan misi diperlukan dalam setiap aspek kehidupan karena berhubungan dengan tanggungjawab dan keadaan diri yang harus dimiliki.
  4. My Talent ?
    Mengenali bakat apa saja yang dimiliki untuk mengembangkan kemampuan.
  5. My Wishes and Ideals ?
    Harapam-harapan atau cita-cita yang memacu dalam usaha untuk mewijudkannya.

Mengenali diri sendiri juga berarti mengenali setiap masalah yang ada di dalam diri. Berikut guide untuk lebih tau masalah apa saja sih yang ada dalam diri kita.


WHAT’S MY PROBLEM

  1. My Responsible
    Apakah kita termasuk orang yang bertanggungjawab atau tidak ? Fun fact, bahwa tanggungjawab sangat dipengaruhi oleh pola asuh orang tua ketika kecil. Anak dengan pola asuh “pengabaian” kemungkinan besar di masa depan tumbuh menjadi sosok yang lalai terhadap tanggungjawab.
  2. Self Character
    Karakter pribadi sangat penting untuk di kenali. Lagi-lagi pembentukan karakter di pengaruhi oleh pola asuh anak ketika masih kecil. Anak yang tumbuh menjadi seseorang yang tidak percaya diri/rendah diri, kemungkinan orang tuanya menerapkan pola asuh otoriter atau pengabaian.
  3. Bad Habits
    Kebiasaan-kebiasaan buruk dalam diri perlu di perhatikan karena hal tersebut bisa jadi mengganggu kenyamanan orang lain.
  4. Environment
    Pilihlah lingkungan yang mendukung diri untuk berkembang. Jangan terjebak pergaulan dengan toxic people, karena hal tersebut juga akan berdampak terhadap psikologis diri.
  5. My Family
    Keluarga merupakan support system yang utama dalam kehidupan, oleh karena itu di perlukan adanya pembentukan keluarga suportif.
  6. My Friends
    Penting untuk memilih teman yang mampu memberikan positive vibes dalam hidup kita. Hal ini bukan berarti kita orang yang pemilih loh ya, tapi gak mau kan punya temen yang bawaanya ngeluh terus dan bawa energi negatif, engap cyin !
  7. My Jobs
    Koreksi lagi, apakah pekerjaan yang kita tekuni selama ini adalah hal yang bener-bener kita sukai, atau jangan-jangan malah hal yang bikin kita sumpek sepanjang hari ?

Nah, setelah mengenali diri dan berbagai permasalahan tersebut, akhirnyaaa ……


IT’S TIME TO CHANGE !

Apa saja sih yang harus kita lakukan ?

  1. Focus
    Fokus pada kemampuan/skill diri dan kembangan menjadi sesuatu yang bermanfaat.
  2. Learn from Great People
    Banyak-banyak belajar dari pengalaman orang-orang hebat. Bisa dari baca buku biografi, nonton film ataupun bertemu langsung dengan orangnya. Percaya deh, lama kelamaan kalian akan tertular energi positif mereka.
  3. Learning by Doing
    Jangan takut gagal ketika mencoba, karena disitulah letak pelajaran berharga yang dapat kita petik.
  4. Be Creative
    Berpikirlah kreatif ! Berimajinasilah ! Jangan takut dianggap aneh karena ide gila kalian, you rock it! Kalian unik!
  5. Be Yourself and Happy
    To make youself happy, don’t forget to take time escape from this crazy world. Capek ? Ya istrirahat. Penat ? Ambil waktu untuk berlibur. Jangan takut uang habis buat liburan, toh untuk membahagiakan diri kalian sendiri. Habis ? Ya cari lagi. Take it easy.

So, dengan ini, semoga kita bisa lebih mengenali diri kita, kekurangan, kelebihan serta lebih mampu untuk membuat diri kita bahagia.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!