Hati-Hati!! Buat tujuan hidup jangan sembarangan (Oleh Muhammad Iqbal Syahsaputra

Manusia selalu digerakkan oleh motivasi tertentu. Mulai zaman pra-sejarah hingga zaman Human 5.0 perjalanan manusia tidak pernah terhenti. Untuk itu mengapa tujuan menjadi aspek penting dalam kehidupan kita. Namun, saat ini banyak manusia yang tidak bisa membuat tujuan secara spesifik tentang apa yang ingin dicapai. Hal ini terjadi dikarenakan betapa mudahnya kehidupan sekarang yang serba konsumtif, selain itu diperparah dengan penyalahgunaan teknologi yang mengakibatkan rasa malas untuk bersosialisasi dan pada akhirnya kehilangan tujuan hidup. Tulisan ini akan menjelaskan tentang cara membuat tujuan menggunakan metode S.M.A.R.T

S.M.A.R.T adalah sebuah metode analisis untuk merumuskan secara jelas, dirumuskan dengan baik yang spesifik (S), terukur atau measurable (M), dapat dicapai atau achievable (A), relevan (R), dan terikat waktu atau time bound (T). Aspek-aspek ini menjadi penting karena hal inilah yang membantu kita mengukur apakah tujuan kita bisa sampai atau tidak. Misalnya saja saat kita punya tujuan ternyata hal tersebut tidak spesifik, tidak dapat diukur progressnya, tidak bisa dicapai (Terlalu tinggi), Tidak relevan, dan juga tidak ada batas waktu tertentu maka yang terjadi adalah tujuan tersebut menjadi kabur atau tidak bisa digunakan sama sekali.

S dalam SMART goals berarti spesifik. Ini adalah siapa, apa, mengapa, dan bagaimana model SMART. Misalnya Siapa yang terlibat, apa kegiatan yang dilakukan, mengapa hal ini perlu dilakukan, bagaimana cara supaya bisa tercapai. Hal ini akan memudahkan penentuan tujuan bisa lebih jelas dan terarah. Maka penting untuk menentukan kespesifikan dari tujuan kita.

M dalam SMART goals berarti terukur atau measurable. Ini mendefinisikan bukti terukur yang membuktikan kemajuan yang kita buat. Keterukuran tujuan adalah yang paling penting karena memberikan kita bukti nyata bahwa tujuan dapat dicapai (atau tidak) dan apakah Anda telah mencapai tujuan atau setidaknya hampir mencapainya.

A dalam SMART goals berarti dapat dicapai atau achievable. Hal ini untuk memastikan bahwa tujuan dapat dicapai dalam jangka waktu tertentu. Sasarannya harus menantang tetapi didefinisikan dengan cukup baik sehingga kita dapat mencapainya. Ini harus ditentukan dengan mempertimbangkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan yang sesuai milik kita.

R dalam SMART goals berarti realistis dan relevan. Sasaran yang realistis memperhitungkan skenario praktis dan arah yang dituju organisasi. Sasaran SMART mempertimbangkan ketersediaan sumber daya, pengetahuan, dan waktu serta sejalan dengan tujuan bisnis secara keseluruhan. Ini juga mempertimbangkan apakah tujuan tersebut relevan dengan audiens target atau tidak.

T dalam SMART goals berarti terikat waktu atau time bound. Ini menetapkan tanggal akhir yang realistis dan ambisius namun dapat dicapai untuk prioritas tugas dan motivasi. Tujuan harus dikaitkan dengan jangka waktu. Ini menciptakan rasa urgensi dan menciptakan proses keteraturan antara realitas saat ini dan visi.

Jadi, Analisis S.M.A.R.T merupakan hal yang penting sebagai alat untuk menentukan tujuan kita. SMART goals adalah salah satu point penting yang harus dibuat dalam perencanaan bisnis agar semua hal yang perlu kita lakukan kedepannya lebih jelas dan kita tidak harus meraba karena tidak tahu apa yang harus kita lakukan selanjutnya.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.