Pribadi dan Kepribadian: Cermin perilaku dalam kehidupan (oleh Muhammad Iqbal Syahsaputra)

Perkembangan manusia dari zaman ke zaman sudah tidak bisa terbendung. Penemuan silih berganti membuat kehidupan manusia semakin mudah. Psikologi sebagai salah satu cabang ilmu tidak ingin kalah untuk unjuk gigi. Kepribadian sebagai sebuah identitas mampu di indentifikasi oleh ilmuan psikologi. Hal ini berawal dari pengamatan kepada manusia bahwa tindakan kita ternyata ada dipengaruhi oleh alam bawah sadar kita. Tulisan ini akan mencoba menerangkan kepribadian dan bagaimana mengetahui kepribadian itu sendiri.

Kepribadian merupakan cara seseorang untuk bereaksi dan berinteraksi degan individu lainnya. Setiap tingkah laku yang kita tampilkan tentunya mempunyai keunikan tersendiri, beberapa ada yang terbuka dan yang lainnya tertutup. Bahkan ada yang memiliki kecenderungan untuk memiliki rasa sensitif yang kuat dibandingkan sebagian yang lain. Untuk mengetahui kepribadian, ada setidaknya 3 alat tes yang cukup sering digunakan yaitu, Bird Test, Big Five Personality, Myres brigss Type Indicator.

Bird Test atau yang umumnya dikenal sebagai Dope Personality Test. Burung-burung yang menjadi acuan tersebut adalah Merpati (Dove), Burung Hantu (Owl), Burung Merak (Peacock), dan Burung Elang (Eagle). Tes ini mencoba untuk memberikan penganalogian bahwa sifat yang dimiliki oleh manusia menyerupai sifat yang dimiliki jenis burung dalam tes ini. Misalnya saja merpati melambangkan perdamaian, kasih sayang, dan kelembutan. Orang yang memiliki kepribadian ini adalah orang yang friendly ke orang lain dan menampilkan kebaikan ke orang lain.

Big Five personality adalah tes yang menunjukan tentang seberapa kuat kepribadian yang dimiliki dalam dirinya. Secara teori, tes ini mencoba mempertanyakan jika ada seseorang yang memiliki sifat terbuka dengan orang lain maka sampai mana sifat ini akan terus terbuka. Adakah sebuah batasan yang dapat diukur. Sehingga dibuatlah sebuah kategorisasi. Trait kepribadian digambarkan dalam bentuk lima dimensi dasar. Lima faktor tersebut terdiri dari Opennes, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, dan Neuroticism, yang biasa disebut OCEAN untuk mempermudah penghafalannya.

MBTI (Myers-Brigss Type Indicator) adalah tes kepribadian yang menunjukan bahwa kepribadian manusia itu memiliki ternyata tidak hanya satu dimensi saja namun memiliki empat dimensi yang akan memunculkan setidaknya 16 tipe kepribadian. Alat tes ini sebenarnya tidak hanya ditunjukan untuk mengetahui kepribadian tetapi juga untuk mengembangkan kepribadian individu. Empat dimensi dalam alat tes ini mengacu pada, Bagaimana individu melihat dunia, Bagaimana individu mendapatkan informasi, Bagaimana individu mengambil keputusan, dan bagaimana individu dalam bertindak.

Semua jenis alat tes ini memiliki kelebihan dan kekurangannya. Hanya saja yang perlu diingat bahwa apa yang membentuk diri kita adalah diri kita sendiri. Saat kita punya semangat dan niat untuk berubah menjadi lebih baik, tentu akan selalu didapatkan.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.