Pengelolaan Komplain
Aloha, Beonic!
Hal lain yang perlu kamu ketahui, perusahaan terutama Jagoan Hosting melalui laman utamanya telah melakukan klaim bahwa pelanggan yang menggunakan produk maupun layanan sudah mencapai 160.000 pihak baik itu perorangan maupun instansi.
Wow! Jumlah yang besar sekali…
Dengan jumlah yang besar tersebut, tidak bisa dipungkuri apabila terdapat hal yang kurang menyenangkan dirasakan oleh pelanggan terhadap produk yang digunakan. Misal; virtual server atau hosting yang digunakan tiba-tiba ter-suspend atau performa yang dijanjikan oleh perusahaan belum sesuai dengan apa yang didapatkan.
Salah satu tindakan yang umum dilakukan oleh pelanggan tsb adalah meminta kejelasan kepada perusahaan. Ada yang melalui telepon menggunakan nada tinggi, mengirim tiket atau live chat dengan diksi yang kurang menyenangkan. Melihat isu tersebut, maka setiap dari Customer Service Specialist perlu mendapatkan pembekalan bagaimana mengkategorikan jenis keluhan, mengkategorikan jenis pelanggan, dan memahami dalam penerapan pengelolaan komplain.
Nah! Pada misi kali ini… Kamu diharapkan dapat mengikuti dan menuntaskan pembelajaran terkait pengelolaan komplain pelanggan. Manfaatkan waktu yang ada dan buatlah ruang diskusi dengan rekan yang lain jika nantinya selama proses pembelajaran membutuhkan informasi tambahan atau ingin mendengarkan pengalaman ybs bagaimana memberikan perilaku terhadap pelanggan ketika melakukan komplain.
Tuntaskan misi ini ini dengan menyelesaikan kursus yang sudah disediakan dengan cara mengakses melalui tautan di bawah ini. Terima kasih…