life-purpose.jpg

Dalam menjalani kehidupan ini, sebagai makhluk hidup yang diberikan akal dan pikiran, sudah seharusnya kita memiliki alasan untuk hidup dan tujuan hidup. Memang menentukan tujuan hidup tidak semudah membalikkan telapak tangan dan tidak mungkin copy-paste tujuan hidup orang lain, dikarenakan tujuan hidup orang-orang akan berbeda dan cara mencapai yang berbeda. Tetapi, tanpa alasan dan tujuan hidup juga, kita akan kurang fokus bahkan merasakan ada something missing, berkecukupan tetapi merasa cukup dan puas.

Hal ini berhubungan dengan tingkatan kesadaran terhadap tujuan hidup. Tingkatan kesadaran ini terdiri dari 7(tujuh) tingkatan:

  1. Survival : berfokus kepada pemenuhan kebutuhan untuk bertahan
  2. Relationship : berfokus kepada rasa aman dan dikasihi
  3. Self-esteem : berfokus kepada kepercayaan diri
  4. Transformation : berfokus kepada keberanian untuk berkembang dan berubah
  5. Internal cohesion : berfokus kepada pencarian tujuan hidup dan integritas
  6. Making a difference : berfokus kepada eksekusi tujuan (living the purpose)
  7. Service : berfokus kepada tujuan yang berhubungan dengan humanity dan lingkungan. 

Untuk mencapai tingkat kesadaran tertinggi (Service) tidak bisa dengan instan. Kita harus melewati banyak hal dalam kehidupan. Contohnya, seperti pemateri Sharing Session: Find Your Purpose – Inspiring and Positive Work, Bagia A. Saputra. Beliau tidak langsung menemukan calling-nya secara instan. Sebelum akhirnya menjadi expert dan practitioner meditasi, beliau sempat bekerja di WWF.

Sempat dikatakan juga oleh beliau, bisa saja calling atau purpose kita tidak in-line dengan pendidikan atau pekerjaan yang sedang kita jalani. Tidak semua calling dan purpose langsung berada di tingkat tertinggi seperti yang ada pada tingkatan kesadaran. Yang terpenting, tetap mulai tentukan tujuan hidup kita, sehingga kita berjalan dengan fokus terhadap tujuan.

Berhasil atau gagal, tercapai atau tidak, urusan belakangan. Tidak ada yang tidak mungkin, who knows di saat proses mencapai tujuan tersebut, kita menemukan calling kita.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!