Mungkin sebagian orang sudah pernah mendengar atau baru saja mendengar tentang growth mindset. Apasih sebenarnya growth mindset itu?

Growth mindset adalah tipikal orang yang tidak mudah menyerah. Mereka yang berada dalam katagori ini condong berpikir positif tentang kemampuan mereka dan mampu memperbaiki diri dengan melihat sisi kelemahannya dalam segala hal. Kebanyakan orang dengan cara berpikir growth mindset percaya bahwa kemampuan seseorang itu adalah dinamis dan bisa diperbaiki dengan usaha yang baik. Sebagai contoh, mereka yang tergolong dalam growth mindset ketika mengalami kegagalan akan kembali mencoba dan belajar dari kesalahan atas kegagalannya. Motivasi mereka akan muncul karena tingkat kepercayaan akan kemampuan mereka selalu mengarah ke sisi positif. 

Lalu, gimana sih cara berkembang dengan pemikiran growth mindset?

1. Fokus pada Proses

Salah satu cara untuk mengembangkan growth mindset adalah dengan fokus pada proses yang dilalui saat berkarier.

Masih banyak orang yang hanya terpaku pada hasil akhir yaitu kesuksesan tanpa memikirkan proses yang harus dilalui.

Mereka hanya mencari cara tercepat agar bisa segera mendapatkan kesuksesan saja. Padahal untuk mencapai tujuan itu diperlukan proses yang cukup panjang.

Pemilik growth mindset akan lebih fokus pada pengembangan diri demi mencapai kesuksesan. Mereka beranggapan bahwa dari proses tersebut akan ada banyak pelajaran yang bisa diambil.

Meskipun harus menghadapi kegagalan, mereka akan tetap menikmatinya karena tahu bahwa hal itu adalah bagian dari proses menuju puncak karier yang diinginkan.

2. Berani Menghadapi Tantangan

Pemilik growth mindset akan selalu beranggapan bahwa tantangan bukanlah suatu hambatan yang akan menjauhkannya dari kesuksesan.

Bahkan, mereka dapat melihat bahwa tantangan bisa menjadi suatu kesempatan baru untuk lebih berkembang.

Setiap tantangan akan membawa kita ke sebuah petualangan baru sehingga tidak ada yang perlu ditakutkan.Itulah mengapa saat sudah paham bahwa tantangan adalah hal yang harus dihadapi dan bukan ditakuti, maka kamu sudah tahu cara mengembangkan growth mindset dalam diri.

3. Paham Bahwa Kegagalan Bukan Akhir Dunia

Menghadapi kegagalan bukanlah hal yang mudah. Kegagalan pasti akan membuat kita merasa kecewa dan sedih. Namun, jika kamu ingin tahu cara mudah untuk mengembangkan growth mindset maka mulai sekarang harus mengubah pola pikir mengenai kegagalan.

Sampai saat ini masih banyak orang yang berpikir bahwa kegagalan adalah akhir segalanya. Saat sudah gagal maka dianggap tidak akan ada lagi kesempatan bagi kita untuk sukses.Padahal, kegagalan akan memberi kita kesempatan untuk mencari tahu apa sebenarnya sumber kesalahan yang kita perbuat.Ingatlah bahwa belajar dari kesalahan lalu segera bangkit lagi adalah ciri khas utama dari pemilik growth mindset.

4. Tidak Takut Mendapatkan Kritikan

Menerima kritik memang bukanlah hal yang mudah dilakukan. Meskipun kritik tersebut bersifat membangun.Jika masih sering baper saat mendapatkan kritikan, maka belum bisa dikatakan jika kamu sudah memiliki growth mindset.Mengembangkan growth mindset bisa dilakukan dengan cara mulai membiasakan diri tidak baper saat dikritik oleh orang lain

5. Mau Memahami Diri Sendiri

Cara mengembangkan growth mindset yang satu ini terdengar mudah, bukan? Namun, sebenarnya hal yang satu ini adalah yang tersulit. Memahami diri sendiri bukan berarti kamu tahu apa makanan atau hobi favoritmu. Akan tetapi, mampu mengerti sampai di mana kemampuanmu. Memahami diri sendiri berarti menyadari seperti apa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Semua orang akan dengan mudah menyebutkan kemampuan yang dimiliki tapi akan kesulitan saat harus menyebutkan kelemahannya. Jika kamu mampu memahami diri sendiri tentunya akan tahu di mana batas kemampuanmu. Jika sudah begitu, tentunya kamu paham bagaimana cara memilih strategi yang tepat untuk menggapai kesuksesan.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

About esterpsrb

A Bachelor of Psychology with an interest working in the field of human resources with some experience in research and organizations; have an understanding and ability regarding teaching methods, psychological testing inst, interviews and observations, as well as operating computers and Microsoft Office; able to communicate interpersonal well, think analytically, pay attention to details, learn fast and want to learn new things, highly motivated, adaptable, disciplined, able to work under pressure and can work in teams or individually.