Tidy your space,
transform your life.


Begitu kata Marie Kondo, konsultan tata ruang yang membuat metode Konmari. Marie Kondo juga penulis best-seller sekaligus ahli organizing dan decluterring terkenal asal Jepang. Bukunya yang berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing sudah terjual jutaan kopi di lebih dari 30 negara.

Terkenal dengan slogan “does it sparks joy?”, metode Konmari memfokuskan kita untuk menentukan barang apa saja yang ingin disimpan atau dibuang dengan joy atau kebahagiaan sebagai penentunya.

konmari.com

Metode Konmari lebih dari sekedar beberes rumah lho! Kita nggak langsung disuguhkan dengan trik merapikan rumah. Malah, kita diajak melakukan refleksi diri sejenak!

Lalu, apa saja sih prinsipnya? Yuk kepoin aja dibawah ini!

1. Bayangkan hidup ideal

Dengan membayangkan hidup impianmu, bisa membantu melawan godaan menyimpan barang-barang yang nggak perlu lho! Hal ini juga bisa menahan kamu dari beli-beli barang yang nggak perlu, dan hanya menyimpan barang yang diperlukan saja.

The Successful Recipe Behind The Scandinavian Living Room Trend
homedit.com

2. Sortir, sortir, sortir!

How To Marie Kondo Your Wardrobe In An Hour | Grazia Middle East

Mulailah untuk menyortir berdasarkan jenis barang, Marie Kondo menyarankan dari barang-barang yang kemungkinannya memiliki nilai guna yang kecil ke yang lebih besar. Jangan mulai membersihkan rumah berdasarkan ruangan, ya!

3. Seni melipat

Hal yang nggak kalah pentingnya ketika kita mempunyai pakaian dari Konmari ini adalah melipatnya. Bagi Marie Kondo, daripada menumpuk pakaian asal-asalan dalam lemari atau menggantung semua pakaian, pakaianmu akan lebih rapih dan ‘senang’ jika mereka dilipat dan ditaruh di laci lemari. Ia juga bahkan menciptakan teknik melipat baju, lho!

4. Coba pakai barang yang tidak terpakai

 Sesuatu yang kita pikir nggak dibutuhkan lagi bisa jadi tempat yang bagus lho! Contohnya adalah kotak sepatu bekas. Kotak tersebut memiliki ukuran yang cocok buat nyimpen barang-barang kecil, seperti perkakas rumah,  sampai sarung tangan. Selain itu, kotak sepatu juga ramah lingkungan!

Jual Kardus Sepatu segala Merk Box Sepatu Adidas, Nike, Reebok, Fila,  Converse anak dewasa | Shopee Indonesia
shopee.co.id

Nah, itulah beberapa prinsip Konmari dari Marie Kondo yang sudah aku coba! Kalian juga bisa tonton dokumenter Marie Kondo di Netflix yang berjudul “does it spark joy?” buat informasi lebih lanjutnya!

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!