Skip to content

Hasil dari Sharing Session

Sharing session ketiga kali ini pembahasannya tentang Growth mindset. Pertama kali yang saya bayangkan soal growth mindset adalah dimana Otak saya menjadi bertambah volumenya dan kepala saya menjadi berat.

Usut punya usut, ternyata yang dinamakan Growth mindset itu adalah istilah yang dikemukakan oleh Profesor Carol Dweck, dengan melakukan penelitian pada anak-anak berusia 10 tahun ketika mereka mengalami tantangan sulit yang belum bisa mereka pecahkan.

Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Dweck, menghasilkan beberapa variasi respon yang diberikan pada beberapa anak-anak dimana yang paling menarik adalah ketika anak-anak tersebut memiliki kepercayaan untuk terus mengusahakan dan berkata 'belum' untuk menyelesaikannya.

Beberapa insight yang saya dapatkan terkait Growth Mindset ini adalah :

Kemampuan Sangat Bisa Dikembangkan

Hal pertama yang harus disadari pada diri sendiri bahwa kemampuan yang kita miliki saat ini itu tidak 'STUCK' kemampuan tersebut sangat mungkin untuk terus dikembangkan dengan atau melalui kemampuan-kemampuan yang mendukung lainnya.

Bisa di bayangkan apabila, ternyata masih belum menyadari hal ini, bisa jadi sedang dalam pola berfikir yang tidak berkembang.

Hati-hati dengan "Tyranny Of Now"

Apatuch?? Tyranny of now merupakan istilah yang digunakan oleh Professor Dweck untuk menggambarkan orang-orang yang tidak memiliki Growth Mindset.

Kalo saya coba mengartikan Tyranny Of Now itu seperti terjebak atau dicengkram dalam situasi saat ini saja. Ciri-ciri ketika masuk dalam jebakan ini adalah lari dari masalah, sering sekali menyalahkan situasi, Sering menganggap apa yang terjadi saat ini dalam kehidupannya adalah sebuah bencana tragedi.

Ikut Terlibat

Dalam situasi yang menantang dan sulit akan tetap ikut terlibat dalam situasi tersebut untuk memperkuat dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki.

Menghargai proses

Proses menentukan hasil. Hanya saja yang terjadi masih banyak yang hanya menghargai hasil dari pada proses. Profesor Dweck menyarankan untuk memberikan pujian secara bijak dengan mememberikan pujian pada saat proses yakni pada effort yang diberikan, pemikiran, strategi, keterlibatan, fokus yang diberikan serta perbaikan yang dilakukan.

Ubah Arti dari "Upaya dan Kesulitan"

mengubah arti upaya dan kesulitan menjadi makna "Ayo bantu neuro otak menjadi lebih baik dan membuat semakin pintar"

Kenapa? saat kita mengalami kesulitan, neuro pada otak kita akan bekerja membuat dan memperbaiki hubungan antar neuro, dengan saling banyaknya neuro yang terhubung maka akan membuat kita semakin pintar.

Jadi, itulah daftar insight terkait Growth Mindset, bagaimana menurut kamu, Apakah Growth mindset menjadi penentu sikap??

 

 

 

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

About Beon Angels

Angels tercantyc sekahyangan z:*

Scroll To Top