2
Sumber Foto: Pexels
Hai kamu, iya kamu.
Pada saat kamu lagi kumpul dengan temen kamu atau lagi reuni dengan temen sekolah. Pasti ada pertanyaan yang muncul, lagi sibuk apa? kerja dimana? yekan? Jawabanmu pasti gitu-gitu aja, ya kerja, kerja juga gitu-gitu aja. Pernah gak sih kamu berpikir apa yang sudah kamu capai sejauh ini, apa yang sudah kamu lakukan untuk hidup kamu sejauh ini?
Apa kamu merasa jenuh dan stuck dengan hidupmu yang gitu-gitu aja? Apa kamu merasa tidak ada jalan keluar lagi dan bingung harus gimana? Tenang, kamu jangan gampang menyerah dan terlalu cepat untuk menyalahkan keadaan. Bisa jadi selama ini ada yang salah dengan mindsetmu. Coba mulai merubah mindset kamu, dan itu akan bisa merubah hidup kamu.
Apa sih mindset itu?
Mindset adalah pola pikir atau kebiasaan cara berpikir dalam suatu bidang. Yang mana pola pikir ini di bentuk dari beberapa belief (kepercayaan di dalam pikiran kita). sumber

Salah satu yang membedakan orang sukses dengan orang pada umumnya adalah pola pikirnya atau mindset. Orang-orang yang sukses cenderung memiliki pola pikir yang terus tumbuh atau growth mindset.

Screen-Shot-2019-10-14-at-6.07.52-PM
Sumber Foto: https://thelearnerlab.com/what-we-got-wrong-on-growth-mindset/
Growth mindset memiliki pengertian sebagai pola pikir bahwa kemampuan paling dasar yang mereka miliki dapat dikembangkan dengan suatu proses dedikasi dan kerja keras, otak dan bakat adalah suatu awal. Mereka yang memiliki pola pikir Growth Mindset tak berfokus bagaimana untuk terlihat pintar tapi bagaimana ia mendapatkan suatu proses belajar yang bermakna.
Kenapa kamu harus memiliki growth mindset? Jika terlalu dibiarkan mindsetmu stagnan, maka untuk menghadapi masa depan, kamu akan menemui banyak kesulitan. Mau tidak mau, kamu harus mulai untuk berusaha untuk selalu upgrade terus isi otak.
Ada beberapa cara untuk menjaga isi otak kita tetep update, dan selalu memiliki pola pikir yang terus tumbuh.
  1. Belajar Hal Baru
    Mempelajari hal baru membuat otak dan fisik kita untuk bergerak aktif. Aktifitas mempelajari hal baru ini akan mengurangi rasa malas kita. Hal baru juga akan melatih otak kita untuk berfikir kreatif. Belajar hal baru juga akan membuatmu terlepas dari rutinitas yang menjebak. Yang terkadang membuat kita stagnan dan tidak dapat bertumbuh.
  2. Membaca Buku
    Ada beberapa cara untuk memiliki growth mindset, satu hal yang saya percaya. Bahwa membaca buku dapat membuat kita selalu memiliki growth mindset. Buku yang dibaca bisa apa aja. Kita sendiri yang menentukan. Mau baca dan belajar apa, yang penting dengan membaca otak kita selalu aktif. Bisa juga kita membuat isi otak kita tetap upgrade dengan membaca buku, majalah, artikel atau lainnya.
  3. Bergabung dengan Komunitas
    Bertemu dengan orang baru, membuka kesempatan untuk saling bertukar pikiran. Disaat itu, kita bisa saling belajar dari orang lain. Bisa mengetahui sudut pandang baru untuk melihat sesuatu. Melihat hidup, menemukan ide dan apapun. Pastikan berada dalam lingkungan orang-orang yang supportif, selalu berfokus pada pengembangan diri.
Ubah mindset kamu menjadi growth mindset dengan menerima hal-hal baru. Jangan takut untuk bertemu orang baru, mempelajari hal baru, dan memulai sesuatu yang baru. Kamu harus berani mendobrak status quo dengan keberanian. Belajar terus, untuk menumbuhkan mindsetmu dan jangan berhenti di tempat. Nikmati prosesmu dan belajar terus tanpa henti.

"Disana gunung disini gunung, di tengah-tengahnya ada gorengan, sampai disini dulu sampai jumpa di artikel selanjutnya."

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!