3
Sumber Foto: Pexels
Pernah dengar konmari? Konmari adalah sebuah metode berbenah yang diciptakan oleh Marie Kondo yang berasal dari Jepang. Yes berbenah, kamu ga salah denger kok. Kenapa harus ada metode berbenah?
Dalam hidup ini ada banyak hal yang mempengaruhi kualitas hidup kita, yang mempengaruhi karakter kita secara personal. Selama ini yang kita tahu beberapa hal yang bisa mempengaruhi kualitas hidup kita adalah hal-hal yang terlihat atau hal-hal yang kita tahu seperti knowledge, lingkungan, circle pertemanan, dll. Tetapi saya menemukan bahwa ada hal kecil yang sering kita remehkan dan tidak pernah kita perhatikan bahkan kita tidak pernah menganggap bahwa hal kecil itu bisa berpengaruh pada hidup kita. Hal tersebut adalah mindset dan yang kedua yang saya temukan adalah kerapian rumah. Mindset sudah saya bahas dalam artikel berikut dan sekarang kita akan bahas lebih dalam terkait kerapian rumah.
Dalam 24 jam hidup kita kita akan menghabiskan 8 jam lebih di dalam rumah. Tujuan adanya rumah adalah untuk kita beristirahat dan melindungi kita dari cuaca luar. Rumah sebagai tempat beristirahat dari kekacauan yang kita hadapi selama di luar rumah seperti kantor, sekolah, jalanan yang macet, dll. Tentu rumah kita harus bersih, nyaman, tenang dan tidak sumpek agar bisa membantu relaksasi pikiran kita yang sudah kacau dari luar rumah. Bagaimana agar rumah itu bisa menjadi media relaksasi? apa yang bisa membuat tubuh kita dan pikiran kita tenang? Tubuh kita akan merasa relaks dan tenang ketika kita berada di lingkungan yang bersih, yang kita sukai, yang sejuk, dan memiliki kualitas udara yang baik.
4
Sumber Foto: Pexels
Di dalam rumah pasti berisi banyak barang, mulai dari furniture, makanan, alat dapur, dll. Jika terlalu banyak barang yang menumpuk di rumah kita maka lingkungan rumah kita menjadi tidak enak dipandang dan cenderung berhawa sumpek. Dan secara tidak sadar akan mengganggu pikiran kita, yang awalnya ingin tenang di rumah tetapi malah bawaan nya emosi. Kita sadar kita sedang tidak dalam kondisi tenang tetapi kita tidak sadar apa yang membuat kita berada dalam kondisi tersebut.
Seperti halnya keilmuan arsitek, keilmuan arsitek mengajarkan bagaimana membuat sebuah rumah yang tidak hanya berfungsi melindungi tetapi juga memiliki nilai estetik, kenapa nilai estetik itu penting? karena pada dasarnya manusia itu menyukai keindahan dan keindahan itu adalah salah satu yang bisa membuat tubuh dan pikiran kita menjadi rileks. Itulah kenapa para arsitek sangat memikirkan bagaimana menata sebuah ruangan, bagaimana bentuk furniture untuk bisa menciptakan rumah yang nyaman bagi penghuninya.
Berbenah mirip dengan arsitek, bagaimana kita bisa menata barang-barang di rumah kita agar terlihat rapi dan indah, ilmu berbenah sebenarnya sudah lama ada dan manusia pada dasarnya menyukai kerapian, itulah kenapa manusia selalu berbenah atau menata perabotan rumahnya. Tetapi menurut Marie Kondo sebagian besar orang kurang tepat dalam melakukan berbenah, seharusnya berbenah itu hanya dilakukan satu kali bukan berkali-kali. Dan dalam berbenah itu harus semuanya sekaligus, tidak dicicil atau sedikit demi sedikit. Sebuah metode baru yang menarik dalam hal berbenah yang banyak tidak kita sadari.
91Jh-PEp1OL
Sumber Foto: Google
Marie Kondo menceritakan bahwa banyak klien yang hidupnya berubah drastis menjadi lebih baik setelah menerapkan konmari. Kalau kamu mau mencoba menerapkan metode konmari kamu bisa membeli buku dari Marie Kondo yang berjudul "The Life-Changing Magic of Tidying Up".
Gimana? Sudah siap merubah hidup dengan berbenah?

"Disana gunung disini gunung, di tengah-tengahnya ada gorengan, sampai disini dulu sampai jumpa di artikel selanjutnya."

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!