Tempat yang rapi, bersih dan nyaman merupakan salah satu alasan untuk memotivasi seseorang dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Kita akan lebih mudah menemukan barang yang kita cari jika lingkungan kita rapi sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien.

Konmari adalah salah satu jenis metode dalam merapikan suatu tempat, bisa berupa ruangan, almari atau berbagai macam perkakas. Dalam metode ini, setiap benda digolongkan berdasarkan nilai prioritasnya yaitu nilai fungsi, nilai perasaan, nilai kelangkaan dan nilai informasional.

Secara teori, terdapat empat hal tersebut yang digunakan untuk memilah barang-barang yang akan kita rapikan. Untuk sebagian orang sebenarnya telah menerapkan cara ini meskipun tidak seruntut cara konmari. Beberapa orang saat ini memilah barang berdasarkan yang seberapa berfungsinya barang tersebut atapun seberapa tinggi nilai emosional dari barang tersebut. Namun, dengan meruntutkan penataan barang tersebut dengan menggunakan konsep konmari, penataan akan lebih efisien dan barang yang seharusnya dibuang ataupun dipertahankan akan benar-benar memenuhi nilai-nilai.

Proses yang saya lalui dalam penerapan konmari untuk merapikan meja fungsional saya yaitu dengan memilah barang yang saat ini berdasarkan tingkat nilai guna barang tersebut, apakah barang tersebut akan digunakan dalam jangka waktu dekat, panjang atau malah tidak akan digunakan sama sekali. Untuk beberapa barang juga digolongkan berdasarkan tingkat informasi yang diberikan oleh barang tersebut seperti buku yang informasinya masih kita digunakan atau tidak. Barang lainnya juga dikumpulkan berdasarkan nilai kelangkaan yang tidak bisa kita dapatkan kembali ataupun berdasarkan nilai emosional dari baarang tersebut seperti barang yang diberikan oleh orang yang spesial menurut kita ataupun barang yang kita dapatkan dengan susah payah.

Meja Fungsional

Memilah barang dengan metode konmari ini akan menunjukkan pada kita bahwa tidak semua barang benar-benar kita butuhkan dan tidak semua barang memiliki nilai emosional yang sama sehingga tidak perlu untuk dijaga. Jadi kita akan tau setiap nilai dari barang yang kita miliki dan akan dengan senang hati untuk menyingkirkan barang yang tidak memenuhi nilai yang ada. Semakin rapi dan teratur lingkungan kita, maka semakin efisien juga kinerja kita.

Meja Fungsional setelah Dirapikan

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!