Level kesadaran berkaitan dengan emosi yang kita kelola. Terdapat dua macam emosi yaitu emosi positif dan emosi negatif. Semakin baik kita dalam mengelola emosi-emosi tersebut maka semakin jelas kita dalam memaknai hidup dan akan semakin tinggi pula level kita. Emosi memiliki gelombangnya masing-masing. Dalam kelompoknya, emosi dengan frekuensi level terbawah yaitu rasa malu, kemudian diikuti rasa bersalah di atasnya, kemudian masa bodoh, emosi sedih, rasa takut, keinginan, rasa marah, rasa damai, bahagia dan rasa sayang.

Dari mengelola ataupun mengontrol tiap emosi tersebut, kita akan bisa melihat hal lainnya dari diri kita sendiri seperti apa yang sebenarnya kita inginkan. Misalkan dengan pengelolaan rasa marah yang baik kita akan tahu apakah kita benar-benar merasa marah ataukah itu hanyalah emosi sesaat. Untuk analogi lain, dengan pengelolaan rasa bahagia, kita akan menjadi lebih terkontrol dalam mengekspresikan rasa bahagia kita secara tepat dan tidak berlebihan. Kesadaran-kesadaran diri ini hanya akan bisa kita temukan setelah kita bisa dengan baik dalam mengelola emosi yang ada.

Tiap pengelolan emosi ini juga seharusnya diterapkan dikehidupan sehari-hari. Seperti lingkungan keluarga, teman ataupun di tempat kerja. Kemampuan mengelola emosi ini juga akan menjadi kekuatan untuk menemukan tujuan-tujuanmu yang sebenarnya.

Terdapat 7 level kesadaran

1. Survival

Survival bisa disebut juga dengan bertahan hidup. Contoh dari level ini adalah alasan dari kita dalam bekerja apakah untuk bertahan hidup seperti mencari uang untuk hidup sehari-hari ataukah untuk membeli barang.

2.Networking

Dalam level ini, tujuan hidup kita dalam melakukan sesuatu yaitu untuk mencari teman ataupun kenalan untuk menjaga diri kita agar tidak merasa sendirian.

3.Self Esteem

Self esteem bisa juga dianalogikan bahwa alasan kita melakukan sesuatu untuk membangun harga diri kita. Misalkan kita bekerja ataupun mengikuti suatu kegiatan hanya untuk membangun harga diri kita agar tidak diremehkan oleh orang lain.

4.Transformation

Level ini terdapat ditengah antara ketujuh level. Pada level ini, kita telah melepaskan diri dari rasa takut dalam bertahan hidup, rasa takut akan kesendirian ataupun melepasakan diri dari ego kita.

5.Internal Cohesion

Di level ini kita sudah mampu mengontrol setiap emosi yang kita miliki sehingga kita selalu merasa bermakna untuk setiap hal yang kita lakukan. Kita akan mampu menghargai diri kita sendiri.

6.Making a Difference

Membuat perubahan merupakan level yang tinggi dalam level kesadaran diri, kita sudah tidak mengkhawatirkan apapun dan kita memiliki keinginan dan implementasi dalam membuat perubahan menjadi lebih baik untuk diri kita sendiri maupun lingkungan kita.

7.Service

Dalam level tertinggi kesadaran, ego bukanlah suatu tujuan. Kita akan bisa bersyukur dan menghargai setiap hal yang terjadi dalam hidup kita.

Dimanapun level kita, Berpindah level adalah pilihan kita, bukan karena faktor eksternal. Jadi, di level berapakah kesadaran kamu ?

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!