Apakah memicu kebahagiaan?

Konmari adalah sistem yang mengefisienkan dan mengatur rumah dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak terpakai sehingga membuat tidak nyaman di lingkungan sekitar. Metode ini dibuat oleh Maria Kondo dan dideskripsikan lebih detail pada bukunya yang menjadi best seller yaitu "The Life-Changing Magic of Tidying Up". Perubahan hidup Maria Kondo ditunjukkan pada Netflix spesial yang mendokumentasikan kehidupan sebuah keluarga yang memiliki masalah dalam merapikan rumahnya.

Konmari mengajarkan kita untuk menanyakan pertanyaan yang mudah saat kita ingin membersihkan rumah, yaitu 'Apakah barang-barang dirumah Anda memicu kegembiraan untuk Anda?' jika memang tidak memicu kegembiraan dalam hidup Anda sebaiknya disingkirkan.

Bagaimana menggunakan metode Konmari ?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih barang yang memungkinkan untuk disingkirkan dan mudah untuk diatur. Tanyalah pada diri Anda, "Apakah barang-barang tersebut memicu kebahagiaan dalam diri Anda?" Barang yang memicu kebahagiaan biasanya barang tersebut bukan barang rasional. Sebagai contoh, Maria Kondo memiliki kaos dari sebuah acara beberapa tahun lalu. Kaos tersebut sudah tua dan sudah tidak halus lagi. Namun, Maria Kondo memutuskan untuk tetap menyimpannya karena kaos tersebut membawa kenangan baik dari waktu yang lama. Teman-temannya pun mengejek karena Kondo masih menyimpan barang yang usang.

Untuk kasus seperti itu, Kondo menulis : "Jika kamu benar-benar dengan tidak ragu mengatakan 'Aku benar-benar menyukai barang ini' maka percayalah dengan diri Anda sendiri tanpa harus mendengarkan apa kata orang". Mempertahankan barang pribadi yang membuat Anda bahagia mengharuskan Anda untuk menilai barang jenis apa yang ingin ada di sekitar Anda,

5 tips untuk menggunakan Konmari

Berikut adalah 5 tips untuk menyukseskan Anda mengimplementasikan metode Konmari ini :

  1. Rapikan sekaligus dalam satu waktu.
  2. Visualisasikan tujuannya (tidak hanya dalam otak).
  3. Tentukan bahwa barang tersebut 'memicu kebahagiaan'.
  4. Rapikan berdasarkan kategori, bukan lokasi.
  5. Rapikan secara berurutan.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!