Hidup Penuh Makna jika Memiliki Tujuan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online kata ‘Tujuan’ memiliki makna sebagai arah atau haluan, sesuatu yang dituju, maksud, dan tuntutan. Tujuan dengan makna arah atau haluan lebih menunjukkan jurusan, tempat, kota, sudut, dan sebagainya. Menurut Tommy Suprapto, tujuan adalah pencapaian misi tertentu dan dapat dicapai dalam waktu singkat. Tujuan adalah pernyataan tentang keadaan dimana suatu organisasi atau perusahaan ingin mencapai ini dan pernyataan tentang keadaan organisasi dimasa depan sebagai upaya bersama untuk itu.

Berbicara mengenai tujuan, tentunya semua orang pasti memiliki tujuan dalam hidup baik itu dari segi akademis, industri, pribadi, organisasi, kelompok, maupun lainnya. Tentunya, tujuan setiap orang berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya. Namun, ada persamaan yakni perlunya usaha untuk mewujudkan tujuan hidup tersebut. Bagi kebanyakan orang, menggapai suatu tujuan tak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan usaha yang tidak singkat, pengorbanan yang tidak sedikit, serta semnagat yang selalu membara, dan senantiasa optimis serta berpikiran positif.

Melansir dari video SMART Goal tentang bagaimana tujuan bisa tercapai didapatkan akronim dari SMART itu sendiri yakni Specific (S), Measurable (M), Achievable (A), Relevant (R), dan Time Frame (T) dimana dalam menentukan sebuah tujuan itu harus spesifik, bisa diukur, bisa dicapai sesuai dengan kemampuan diri, relevan, serta memiliki jangka waktu yang bisa kita perkirakan.

Untuk impian saya sendiri dalam 5 tahun ke depan tentunya saya akan berkarir pada bidang yang sesuai dengan minat dan passion saya pada bidang ekonomi, keuangan, dan perbankan yang sesuai dengan jurusan selama saya berkuliah. Setelah berkarir dan mencoba untuk menabung, saya akan mencari informasi dan berusaha mengumpulkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk memperoleh beasiswa S2 baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Namun, tujuan saya saat ini saya ingin meneruskan sekolah saya dengan beasiswa LPDP di Jepang atau Korea Selatan dan disekitaran Eropa. Dengan tujuan dan cita-cita saya ini, saya akan terus berusaha untuk melakukan yang terbaik yang bisa saya lakukan untuk mencapai goal tersebut dan sehingga nantinya saya bisa berguna bagi diri saya sendiri, orang tua, lingkungan sekitar, nusa, dan bangsa.

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.