Personality Types at Work

Saat ini, berbagai kebutuhan mulai dari akademisi, bisnis, hingga industri telah menerapkan Personality Test atau tes kepribadian untuk menentukan bagaimana kepribadian dan tipe orang tersebut baik dalam individu maupun jika bergabung dalam kelompok.

Faktanya, dalam industri yang menerapkan tes ini banyak kandidat yang tidak lolos karena mungkin tidak sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan perusahaan maupun tidak sesuai dengan jobdesc yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar dengan kepribadian seseorang. Tes kepribadian biasanya digunakan oleh para rekruiter untuk mengetahui dan mengenal sisi psikologis kandidat calon karyawan. Selain itu, tes kepribadian ini juga dilakukan industri sebagai bentuk atau metode untuk mengukur kecenderungan sikap atau perilaku calon karyawan. Hal yang menarik adalah, setiap orang tentunya memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh lingkungan, kesehatan mental seseorang, kebudayaan, pengalaman, dan lainnya.

Ada berbagai jenis tes kepribadian, namun yang akan kita bahas pada artikel kali ini ada 3 yakni:

  • Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)

Myers-Briggs Type Indicator atau MBTI merupakan uji kepribadian yang pertama kali dikenalkan oleh Katharine Cook Briggs dan anaknya, Isabel Briggs Myers pada 1942. Tes ini berdasar pada teori psikologi Carl Jung. Sepanjang hidupnya, mereka berjuang untuk meneliti indikator kepribadian seseorang. Tujuannya adaah agar semua orang bisa memahami dirinya dan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengannya. Tes MBTI membagi kepribadian seseorang berdasarkan dikotomi kategori yaitu Introversion (I) vs Extraversion (E), Intuitive (N) vs Sensory (S), Thinking (T) vs Feeling (F), dan Judging (J) vs Perceiving (P). Dari kombinasi 8 kategori tersebut, dihasilkan 16 tipe kepribadian yang bisa dimiliki oleh setiap orang.

  • Big Five

Seperti namanya, teori Big Five Personality menyebutkan bahwa kepribadian manusia yang kompleks dapat dirangkum dalam 5 ciri kepribadian yakni Openness, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, dan Neuroticism. 5 ciri kepribadian itu bisa juga disingkat dengan sebutan OCEAN. Menurut teori Big Five Personality setiap individu bisa lebih kuat atau lemah dalam setiap dimensi kepribadian.

  • DOPE Personality

Examined Existence menjelaskan bahwa DOPE Personality adalah sebuah alat untuk penilaian diri. DOPE Personality merupakan tes kepribadian yang ditentukan berdasarkan sifat-sifat dan karakteristik dari 4 burung. Burung-burung yang menjadi acuan tersebut adalah Merpati (Dove), Burung Hantu (Owl), Burung Merak (Peacock), dan Burung Elang (Eagle). Setiap karakter burung mewakili gaya kepribadian yang berbeda mulai dari keinginan dasarnya, kebutuhan emosional, hingga karakteristiknya.

Sekian artikel singkat yang bisa saya tulis, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.