Perjalananku dan Tujuan 5 Tahun Kedepan

Jika berbicara 5 tahun kedepan, mungkin bagi sebagian besar orang merupakan waktu yang cukup lama. Tapi menurutku pribadi, 5 tahun merupakan waktu yang singkat. Jika membayangkan apa yang akan terjadi pada 5 tahun kedepannya, perasaan takut tetapi juga excited bercampur menjadi satu. Takut tentang apa yang terjadi dikemudian hari tetapi juga excited apakah harapanku di masa kini akan menjadi kenyataan.

The consequences of our actions are so complicated, so diverse, that predicting the future is a very difficult business indeed

– Albus Dumbledore, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban

Tapi seperti kutipan yang ada pada film favoritku (Harry Potter), memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan akan sangat sulit sehingga apa yang perlu kita lakukan adalah berusaha dan apapun tindakan kita di masa kini akan mempengaruhi masa depan kita. Untuk itu saat ini aku ingin mengambil langkah untuk masa depan yang kuimpikan.

Langkah pertama untuk mewujudkan mimpi ku adalah masuk ke Jurusan Ilmu Komunikasi, karena dari dulu aku ingin sekali berkecimpung di dunia media. Tetapi setelah menjalaninya secara nyata, dunia media itu keras, apalagi jika menyangkut program televisi. Selalu cepat, sigap, siap dengan segala kondisi merupakan sebuah tuntutan yang harus dihadapi setiap harinya, dan aku mengalaminya sendiri secara nyata, bagaimana aku dan tim panik ketika seorang narasumber yang akan mengisi acara tv kampus tiba-tiba mengabari di H-3 jam bahwa ia berhalangan hadir. Itu mungkin salah satu contohnya, dan aku memutuskan bahwa pekerjaan ini tidak cocok untukku.

Menyesal karena salah masuk jurusan? Nggak juga, selama waktu 4 tahun itu aku banyak belajar hal-hal baru, khususnya dalam hal penulisan. Aku mencoba untuk menulis artikel berita yang beberapa artikelnya terbit disalah satu portal media online di Indonesia, dan selama waktu itupula aku aku menjadi content creator tentang K-pop. Menyebut diri sebagai content creator rasanya agak terlalu berlebihan karena aku hanya mengedit video sederhana. Namun dengan hal-hal tersebut aku bisa berkesempatan untuk menjalin kerja sama dengan beberapa orang dan bisa membiayai pendidikan kuliahku dengan hasil jerih payahku sendiri.

Ditengah-tengah hal tersebut, aku kemudian kembali memikirkan apa yang ingin kulakukan dimasa depan, berawal dari menjadi content writer dan admin pada semua program Community Service, aku kemudian membayangkan bahwa aku ingin berkecimpung di dunia customer realtions atau frontliner. Beberapa kali apply ke bidang ini, tapi tidak ada panggilan. Akhirnya kuputusan untuk memulai dari awal, yaitu menjadi intern terlebih dahulu. Walau mungkin banyak yang memandang progress ku lambat daripada teman-teman yang lain yang sudah mempunyai pekerjaan tetap. Aku tak peduli, karena memang setiap orang berbeda-beda, dan aku yakin setiap orang pasti akan sukses dengan caranya sendiri.

Walaupun aku mendapat beberapa penghasilan dari hasil membuat content, tetapi goals ku yang utama adalah mendapatkan pekerjaan tetap dan mapan dibidang yang kuinginkan.

Jika sedang down atau ingin menyerah, lihatlah yang dibawah, masih banyak orang-orang yang tidak seberuntung kita, sehingga kita harus tetap bersyukur dan menjalani hidup dengan semangat dan pantang menyerah!!

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.