Skip to content

Hindari Stress Dengan KONMARI

Beberapa waktu ini saya mengikuti kembali artikel dan video yang ada di gameplay yang mengulas tentang menerapkan pola hidup rapi dan bersih dengan metode tata KONMARI. Metode KONMARI adalah sebuah gaya hidup dan cara berpikir yang mendorong seseorang untuk menghargai hal-hal kecil sehingga mendatangkan kebahagiaan dalam hidup. Metode ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli gaya hidup asal Jepang, Marie Kondo melalui bukunya berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up pada 2011. Dalam ulasannya, metode ini paling sering diterapkan untuk menata rumah dan perabotan rumah.

Rumah yang tertata dengan baik, apalagi jika disesuaikan dengan selera pemiliknya dapat menghadirkan kebahagiaan. Melihat segala sesuatu tertata dengan rapi, secara tidak disadari dapat memunculkan kebahagiaan dan kenyamanan dalam hidup.

Kebersihan dan kerapihan memang sangat berpengaruh pada kepribadian seseorang. Bahkan dalam sebuah peneliatan yang dilakukan oleh St Lawrence University di New York menyatakan bahwa tempat tidur adalah salah satu tempat ternyaman untuk beristirahat. Orang yang membiasakan kamar tidur dalam keadaan berantakan rentan mengidap berbagai gangguan kesehatan dan gangguan mental.

Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan St Lawrence University, New York. Peneliti menemukan bahwa tempat tidur yang sejatinya menjadi tempat ternyaman untuk beristirahat, pada beberapa orang yang malas merapikan dan membersihkan kamar, rentan mengidap berbagai gangguan kesehatan salah satunya gangguan mental. Hal ini disebakan oleh tertimbun dan tertumpukny barang-barang seperti baju kotor, buku-buku, tas, sampah dan barang-barang lain yang dapat menyebabkan kamar sesak dan berantakan. Hal ini berimbas pada kualitas tidur yang kemudian memicu stress bahkan depresi

“Mereka yang kerap menimbun biasanya memiliki masalah dengan pengambilan keputusan. Mereka lebih suka barang yang sudah tak terpakai digeletakkan begitu saja di kamar,” kata peneliti Pamela Thacher, psikolog dari St. Lawrence.

Peneliti menjelaskan bahwa orang yang memiliki kamar super berantakan biasanya mengalami masalah gangguan penimbunan. Mereka kerap menimbun barang di kamar tidur, seperti baju kotor, buku-buku dan tas belanja yang lama kelamaan dapat membuat kamar penuh sesak dan berantakan.

Nah melalui metode Konmari ini, kita diberikan cara mudah untuk membersihkan, merapikan dan menata lingkungan sekitar kita dengan mudah dan asyik, sehingga dapat meningkat mood bahagia pada diri kita dalam menjalani aktifitas.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

Scroll To Top