Tak jarang saya mendengar cerita seseorang berhenti dari aktivitas yang telah lama digeluti karena ingin melakukan sesuatu sesuai passionnya. Tapi saya pun juga pernah menemui seseorang yang akhirnya terpaksa kembali ke aktivitas lamanya untuk tetap bertahan hidup. It’s life. Setiap orang ingin bahagia. Dan mereka punya kriteria sendiri untuk menyebut dirinya bahagia.

Saya pun selama ini cukup percaya jika kita melakukan sesuatu sesuai passion, maka hidup saya akan bahagia. Tapi benarkah? Sampai kapan?

Sampai kemudian saya menemukan konsep bernama Ikigai. Sebuah konsep filosofi hidup dari Jepang dengan mengenali tujuan hidup kita agar lebih bahagia.

Ikigai adalah irisan dari 4 elemen kebahagiaan. Apa sajakah 4 elemen itu :

WHAT YOU LOVE. Hal yang kita sukai tentu membuat kita bahagia. Misal kita senang dengan olahraga, maka kitapun akan menjalaninya dengan senang hati tanpa perlu ada paksaan.

WHAT YOU ARE GOOD AT. Bangku pendidikan memberikan modal kita untuk menjadi ahli dalam mengerjakan sesuatu. Seorang data analis misalnya. Karena telah menempuh pendidikan statistika, maka ia menguasai kemampuan analis. Tentu menjadi sebuah kebanggan bisa melakukan sesuatu sesuai keahlian kita.

WHAT YOU CAN GET PAID FOR. Tak bisa dipungkiri, uang menjadi modal kita untuk memenuhi kebutuhan hidup, at least for physical needs. Financial freedom tentu jadi salah satu kriteria kebahagiaan Anda juga kan?

WHAT THE WORLD NEEDS. Kesenangan tersendiri jika kita bisa membantu orang lain. Karena memang pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial. Tak heran sekarang semakin banyak orang yang mengabdikan dirinya untuk dunia sosial.

Dan menurut teori Ikigai, ternyata Passion hanyalah sebagian elemen yang membuat kita bahagia. Passion hanyalah irisan dari what you love dan what you are good at. Sedangkan elemen yang membuat kita bahagia sebenarnya masih ada 2 elemen lainnya yaitu what you can get paid for dan what the world needs yang pasti akan kita cari suatu saat nanti.

Itulah mengapa muncul Ikigai, irisan dari 4 elemen kebahagiaan. Untuk menjadi bahagia, kita perlu mencari tahu apa Ikigai kita yaitu hal apa yang kita sukai, hal yang kita mampu, hal yang bisa membuat kita berkontribusi ke masyarakat, hal yang bisa memenuhi kebutuhan kita. Ya, karena sebenarnya Ikigai lah yang akan membuat kita bahagia dan bersemangat menjalani kehidupan.

Jadi bagaimana dengan Anda, sudah menemukan Ikigai Anda, atau masih proses pencarian? Let’s share pengalamannya, siapa tahu bisa membantu rekan lainnya 🙂

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!