IMPIAN DAN HARAPAN

Di usia sekarang waktu berjalan begitu cepat. Hari-hari terlewat begitu saja. aku sadar, bahwa saat kita hidup, kita tidak bisa membiarkan semua itu berjalan begitu saja. pencapaian dan rasa akan haus pada pengetahuan, perlu terus di kembangkan. Memasuki jurusan psikologi tanpa bekal yang mumpuni, hanya akan menjadikan lulusan yang tidak tau arah. Saat aku menempuh kuliah S1 ku, di tahun kedua aku berfikir, mau jadi apa setelah aku lulus.

Perenungan ini tidak instan, proses dan insight terus ku pelajari. Akhirnya aku memutuskan untuk jadi apa. Ilmuan psikologi sosial Jurusan psikologi tidak selalu absolut menjadi psikolog. Ada yang memilih menjadi HRD atau Dosen menjadi pilihan yang aman sebagai lulusan psikologi. Keputusan menjadi ilmuan psikologi bukanlah hal yang mudah. Melihat karir ilmuan psikologi membuat orang-orang tidak memilih ilmuan psikologi. Keputusanku dalam memilih ini karena aku memiliki tujuan untuk pengembangan keilmuanku dan aku menemukan kepuasan diri dalam mempelajari ilmu psikologi sosial. Kalau di spesifikan lagi, aku memilih untuk menjadi saintis di cyberpsycholgy. Ilmu ini mempelajari tentang hubungan manusia dengan teknologi.

Cyberpsychology adalah ilmu baru yang dikembangkan di Indonesia. Sehingga masih banyak peluang dalam pengembanganya. Peran saintis cyberpsychology dapat memberikan evaluasi kebijakan, intervensi yang sesuai untuk permasalahan psikologi pada teknologi seperti adiksi, dan control pada teknologi untuk kesejahteraan individu.

Dari mimpi-mimpi ini, aku perlu untuk menentukan target agar mimpiku tercapai. Pada tahun pertama ini yang mana memasuki akhir tahun 2023, aku memulai untuk intern di beon, dengan harapan aku banyak belajar mengenai dunia digital, sehingga membantuku lebih memahami bagaimana system di dunia digital. Setelah menyeleseaikan magangku di juni 2024, aku mempersiapkan studi magister di UGM dengan jurusan magister psikologi sains sosial. Sembari kuliah aku juga memperluas networking. 2024-2026 pertengahan aku menargetkan perkuliahan ku selesai. Setelah itu aku mencoba untuk mendaftarkan pada kementrian komunikasi dan informasi sebagai researcher sehingga aku bisa memaksimalkan apa yang telah aku pelajari. Pada tahun 2027 aku mencoba untuk meng-implementasikan ilmu-ilmu yang telah aku pelajari dan aku harap ilmu yang telah aku pelajari dapat memberikan dampak positif pada Masyarakat. Itulah targetku selama 5 tahun ini. Semoga apa yang telah aku harapkan dapat menjadi kenyataan.

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.