Ingin Menetapkan Target Agar Tujuan Karir Dapat Tercapai? Metode SMART Solusinya!

Dalam bekerja, setiap karyawan tentu memiliki goals terbaik sebagai tolak ukur keberhasilan kinerjanya. Cara mewujudkannya yakni dengan metode SMART Goal

SMART Goals adalah metode atau kerangka yang digunakan sebagai panduan dalam penetapan tujuan. Metode tersebut terdiri dari specific, measurable, achievable, relevant, dan time-bound. Metode ini umum digunakan untuk menetapkan rencana karier ataupun bisnis agar berhasil mencapai targetnya. Berikut gambaran umum mengenai metode SMART :

Yuk kenali satu-persatu!

1. Specific

Salah satu komponen SMART Goal adalah spesifik. Cobalah menetapkan tujuan atau rencana karier jangka panjang yang jelas, tidak ambigu, dan bisa jadi fokus utama. 

Sebagai contoh tujuan yang jelas yaitu “Dalam waktu 2 tahun kedepan, saya ingin meraih posisi sebagai Manager Finance”.

2. Measurable

Salah satu cara memotivasi diri dalam mencapai target adalah menentukan kriteria untuk mengukur dan melacak sejauh mana kemajuan Anda.

Tujuan yang terukur membantu Anda tetap pada rencana dan tidak mudah teralihkan. Misalnya menentukan indikator apa yang jadi penentu Anda disebut berhasil atau gagal. 

3. Achievable

SMART merupakan panduan dan kerangka kerja dalam membantu Anda mencapai target karier, pendidikan, bisnis, maupun project tim. 

Bagaimana mencapai tujuan kalau ternyata goals tersebut tidak dapat Anda capai? Bisa karena kurangnya fasilitas atau tidak adanya sumber daya yang memadai? 

Salah satu komponen di dalam SMART Goal adalah achievable. Tujuan yang telah Anda tetapkan harus realistis dan memiliki kemungkinan untuk dicapai, sehingga Anda bisa menemukan cara untuk mewujudkan goals tersebut. 

Sebagai contoh ingin menjadi digital marketing manager, maka cari tahu apa saja persyaratan yang diperlukan dan kapan Anda ingin mewujudkan tujuan. 

4. Relevan

Metode dalam SMART goal setting berikutnya adalah relevan, tetapi ada pula yang menyebutnya realistis. 

Target yang Anda buat harus realistis atau relevan dengan kebutuhan masa depan Anda. Memastikan tujuan yang relevan berguna untuk menghindari kehabisan waktu dalam menyelesaikan tujuan yang sebenarnya tidak dibutuhkan bagi kemajuan Anda. 

5. Time base

Cara cepat mencapai tujuan adalah menetapkan tenggat waktu. Misalkan, ingin jadi editor penulis konten, maka tentukanlah kapan Anda ingin mewujudkannya. 

Apakah 6 bulan lagi atau tahun depan. Sebaiknya, tuliskan waktu yang spesifik yaitu bulan atau bahkan hari terakhir Anda merealisasikan target tersebut. 

Dengan adanya tenggat waktu, dapat memaksimalkan dan memotivasi Anda untuk tetap bertahan dan fokus demi mencapai impian.

Semoga bermanfaat! 😀

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.