fixed-growth-mindset.png

Pikiran kita memiliki kekuatan yang sangat besar. Kisah-kisah yang kita ceritakan pada diri sendiri dan hal-hal yang kita yakini tentang diri sendiri dapat mencegah terjadinya perubahan atau membiarkan keterampilan baru berkembang. Mindset adalah ide sederhana yang memiliki efek mendalam pada kehidupan seseorang dan merupakan pandangan yang kita ambil untuk diri sendiri yang menentukan cara kita menjalani hidup, melihat dunia, dan membuat keputusan.

 

Ada dua jenis mindset: fixed mindset dan growth mindset.

 

"Fixed Mindset" dapat diartikan bahwa karakter, kecerdasan, dan kemampuan kreatif kita tidak dapat kita ubah dengan cara apa pun yang berarti, dan kesuksesan adalah akibat dari kecerdasan yang dimiliki. Fixed mindset akan membuat kita terhindar dari tantangan karena bisa membuat kita merasa rendah diri. Jika kita memiliki fixed mindset, kita cenderung membiarkan satu kemunduran yang akan menentukan kualitas diri kita selamanya tanpa motivasi untuk mencapai sesuatu yang lebih besar dari apa yang sudah kita miliki. Nilai buruk, kegagalan dalam pekerjaan, putus; kita akan berpikir dan merasa semua ini adalah hal yang pasti dalam hidup ini.

Seseorang yang memiliki growth mindset yakin bahwa dirinya bisa tumbuh dan berubah melalui kegiatannya dan banyak kerja keras. Jika kita memiliki growth mindset, kita memiliki kemungkinan lebih besar untuk berhasil. Mengapa? Karena kita memiliki dorongan, kemauan, dan landasan kepercayaan secara keseluruhan untuk mencapai hal-hal yang lebih besar dan lebih baik.  Jika kita membiarkan diri kita memiliki growth mindset, kita membukakan diri kita untuk berkembang melalui tantangan-tantangan yang akan kita hadapi. Kita terus belajar untuk meningkatkan kemampuan diri, dan tumbuh secara pribadi dan menjadi pribadi yang lebih baik.

 

Seperti yang sempat disinggung, seseorang yang memiliki fixed mindset cenderung membiarkan kemunduran terjadi. Namun, jika kita yang memiliki mindset berkembang, kita seharusnya akan mengambil kemunduran itu dan mengubahnya menjadi kesuksesan, belajar dari kegagalan dan bangkit kembali dengan lebih baik dari sebelumnya. Kita akan memahami bahwa semakin keras kita bekerja, semakin banyak dorongan yang akan dimiliki, dan semakin tinggi tingkat optimisme yang kita berikan saat menghadapi dunia, kita akan semakin sukses.

 

Jadi, marilah bersama-sama bergerak maju dan lebih membukakan pola pikir yang kita miliki untuk berkembang, sehingga tidak hanya diri sendiri yang merasakan keuntungannya, tetapi juga orang-orang lain di sekitar kita.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!