Sources : hipwee.com

Setiap hari kita pastinya tidak lepas dengan aktivitas mengambil gambar dengan kamera ponsel. Yang tak asing bagi kita saat ini adalah istilah PAP. PAP sendiri merupakan kepanjangan dari “Post a Picture” yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa sehari-hari merupakan “pos foto” atau kita disuruh mengirim foto atau meng-upload foto, baik itu foto pribadi, produk dan juga lain-lain. Nah, karena terlalu banyaknya aktivitas foto memfoto kita yang hampir setiap hari, hal ini tentunya membuat galeri kita bertumpukan dan tidak tertata rapi. Sehingga kita jadi sulit membedakan mana dokumen gambar yang penting dengan foto foto pribadi kita.

Dengan metode KONMARI ini, saya ingin memberikan beberapa tips merapikan galeri hp agar lebih tertata.

1. Pertama, luangkan sedikit waktu setiap hari antara 5-10 menit untuk menata galeri.

Kita bisa melakukannya di malam hari ketika aktivitas foto memfoto sudah tidak terlalu padat.

2. Buat beberapa album di galeri untuk mengelompokkan foto.

Kita dapat membuat album berdasarkan klasifikasinya seperti : album foto pribadi, kumpulan screenshoot, koleksi foto liburan dll. Dengan adanya hal ini, memudahkan kita mengklasifikasikan dokumen penting sehingga mudah mencarinya di kemudian hari.

3. Hapus beberapa foto yang blur, kurang penting, dan terduplikat.

Tak jarang ketika kita mengambil foto, terdapat beberapa hasil gambar yang kabur. Tak jarang pula ketika kita sedang liburan, kita mengambil banyak sekali foto dalam 1 angle / pose yang sama sehingga terjadi penumpukan gambar di memori penyimpanan ponsel.

Sebelum menerapkan metode KONMARI

Dengan menerapkan beberapa metode konmari diatas, kita akan merasakan beberapa maknfaat nya seperti :

1. Galeri lebih tertata dan rapi

2. Memudahkan mencari dokumen gambar gambar yang penting seperti tugas ataupun jadwal

3. Menambah performa hp menjadi lebih cepat karena memori penyimpanan dapat bekerja maksimal

Selain itu, saya juga memberikan tips untuk menyimpan foto foto penting di google drive, karena dapat menghindari resiko gambar hilang / terhapus ketika terjadi sesuatu kendala pada hp, dan juga lebih fleksibel karena dapat diakses dimanapun dengan device apapun.

Sesudah menerapkan metode KONMARI

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!