Hai Sob, kalian pasti pernah punya masalah yang berhubungan dengan sepatu. Setiap hari kita selalu menggunakan sepatu untuk pergi ke sekolah, kantor, atau ke tempat-tempat lainnya. Dan saat pulang ke rumah kita selalu melepas dan menggeletakkannya dimana saja, ya kan? Kalau aku sih pasti pernah. Tapi, kalau kamu terlalu sering melakukannya, sepatu kalian akan cepat menumpuk dan membuat sepatu jadi cepat rusak. Apalagi kalau kamu anak kos dan jumlah sepatu kalian sangat banyak.

Tenang Sob, walaupun ini artikel pertama aku, aku akan memberikan tips KONMARI ini untuk kalian yang sedang mencari solusi dalam menyimpan sepatu.

  1. Gunakan rak
Bp-guide.id

Untuk rak sepatu kamu bisa membelinya di pasaran atau di online shop. Namun, jika kamu ingin membuatnya lebih bervariasi kamu bisa membuatnya dari barang bekas seperti rak buku tua, kotak sepatu yang tidak digunakan, ataupun dari pipa PVC.

  • Tata di lemari baju
brilio.net

Walk in Closet adalah salah satu alternatif lain untuk ruang penyimpanan sepatu agar tertata rapi. Walk in Closet dapat diterapkan oleh anak kos karena kita tidak menghabiskan banyak ruang. Kalian bisa mendesain lemari dengan meletakkan rak-rak besar yang dapat menampung sepatu, aksesoris, atau buku.

  • Kelompokkan sepatu sesuai jenisnya
raksepatu-online.blogspot.com

Mengapa kita harus mengelompokkan sepatu sesuai jenisnya? Karena saat kita mencari sepatu di pagi hari, kamu bisa langsung menemukannya tanpa harus marah-marah. Dengan mengelompokkan sepatu sesuai jenisnya juga bisa membantu merapikan sepatu agar terlihat lebih rapi, seperti meletakkan heels di rak bagian atas, flat shoes di tengah, dan seterusnya. Tentunya pengelompokkan ini terasa lebih mudah dijangkau saat diletakkan di pintu masuk

  • Kotak sepatu, bisa jadi alternatifnya
Hipwee.com

Menyimpan sepatu didalam kotak bisa menjadi alternatif dalam merapikan penyimpanan sepatu, tetapi jika Anda memilih metode ini, Anda harus rutin untuk memeriksanya agar kelembapannya tetap terjaga, jangan sampai berjamur. Kotak transparan atau kotak kayu bisa jadi pilihan penyimpanan itu mempermudah Anda dalam memeriksa keadaan sepatu kesayangan.

  • Tumpuk sepatu dengan cerdik
Stackable shoe rack / urban outfitters

Penempatan sepatu harus dilakukan dengan cerdik. Seperti menempatkan sepatu kiri berhadapan dengan sepatu kanan sehingga berbentuk persegi panjang yang lebih menghemat ruang daripada meletakkannya berdampingan kanan-kiri.

Referensi dan Sumber Data

  1. https://www.casaindonesia.com/article/read/6/2019/1082/Sneakerhead-Ini-Dia-10-Tips-Menyimpan-Sepatu-yang-Rapi
  2. https://artikel.rumah123.com/6-ide-menyimpan-sepatu-dijamin-rumah-jadi-rapi-deh-43124

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!