Bukan hanya kehidupan nyata, tapi codingan kita bisa dirapikan lo!

Ternyata codingan kita bisa kita rapikan dengan konsep yang terkenal yaitu clean code. Programmer yang profesional biasa menggunakan clean code ini karena memudahakan programmer itu sendiri dan orang lain. Tapi apa sih clean code itu? Clean code adalah code di dalam software yang formatnya benar dan disusun dengan baik sehingga programmer lain dapat dengan mudah membaca atau memodifikasi code tersebut.

Berikut bagaimaina menerapkan clean code ini :

  • Penamaan variable, class, function yang jelas

Kenapa sih penamaan variable, class, dan function harus jelas? penting tidak? Jawabannya sangat penting. Karena jika kita sudah memberi nama variable, class, dan function yang jelas maka kita sudah bisa memudahkan diri ktia sendiri bahkan orang lain. Sebagai contohnya jika kita akan presentasi ke bos kita, kita bisa membaca code kita layaknya membaca buku cerita. Tanpa harus melihat-lihat atau belajar telebih dahulu, boros waktu. Selain itu kita juga bisa memudahkan orang lain yang akan melanjutkan pekerjaan kita tanpa kita menjelaskan satu satu.

  • Konsep DRY

Konsep dry adalah Don't Repeat Yourself. Konsep ini gampang gampang mudah karena kita harus mengetahu goal dari project kita. Konsep dry ini intinya hindari duplikasi. Jangan mengulangi class atau fungsi yang sama di dalam sebuah code.

  • Singkirkan code yang tidak diperlukan

Kode yang tidak perlu biasa dibuat saat proses development. Biasanya kita mencoba-coba dengan menambahkan code yang membuat kita sendiri bahkan orang lain susah untuk membacanya. Menghapus code yang tidak diperlukan juga mengurangi waktu compile dan mengoptimasi program kita.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!