1
Sumber Foto: Pexels
Siapa gak pernah galau?
Setiap orang pasti pernah galau, entah itu galau masalah percintaan, masalah keuangan, masalah keluarga, dll. Gapapa bro santuy aja, galau itu wajar kok karena galau itu adalah alarm dari otak yang bikin kita berdiam diri dan merenung untuk mencari solusi dari permasalahan yang sedang kita galaukan. Jadi bersyukurlah kalo kalian galau.
Golongan yang paling sering galau biasanya anak-anak muda atau bahasa ilmiahnya millennial. Iya mereka ini adalah golongan yang paling sering galau terutama dalam hal masa depan mereka. Biasanya mereka akan mulai mempertanyakan tentang mau dibawa kemana hidup mereka kedepan, karir seperti apa yang cocok buat mereka dan masalah keuangan.
Kamu gitu juga ga? kalo iya tenang aja karena hal itu wajar, kondisi galau tersebut biasa disebut Quarter Life Crisis atau kalo menurut google translate itu artinya Krisis Perempat Kehidupan, biar gampang saya singkat KPK aja ya.
Quarter life crisis adalah masa di mana seseorang yang berusia 25 tahunan mempertanyakan hidupnya. Di masa yang merupakan puncak kedewasaan seseorang ini, orang mulai meninjau kembali masa lalunya, apa yang telah ia lakukan, apa yang ia dapatkan, dan bagaimana kehidupannya di masa datang. (sumber)

Jadi KPK ini biasa dialami oleh orang yang berumur 20-30 bahkan ada yang diatas 30th masih mengalami KPK. KPK ini merupakan sebuah proses menuju fase kedewasaan. Jadi tenang aja kamu gak sendiri kok, saya pun juga pernah mengalami KPK.Nah kura-kura, eh salah maksudnya kira-kira apakah yang bisa kita lakukan ketika kita mengalami KPK? itulah tujuan diciptakannya tulisan ini. Saya punya tips yang bisa membantu kamu sobat galau agar bisa menemukan tujuan hidup kamu.

Salah satu cara mengatasi KPK adalah dengan Meditasi, yes meditasi. Kok bisa? Ketika kita berada dalam kondisi KPK, satu-satunya cara adalah mengenali jati diri. Kamu butuh waktu untuk berpikir dan mencari tahu siapa kamu, kelebihan apa yang kamu punya, apa tujuan kamu, dan bagaimana cara mencapai tujuan kamu. Luangkan waktu untuk menyendiri agar kamu bisa fokus berpikir dan mencari tahu apa yang akan kamu kejar di dunia ini. Dan salah satu menyendiri yang efektif adalah dengan melakukan Meditasi.
Meditasi
Sumber Foto: Pexels
Menurut Drs. Agus M. Hardjana, M.Sc., Ed di dalam bukunya yang berjudul "Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal" menjelaskan bahwa meditasi adalah kegiatan mental terstruktur, dilakukan selama jangka waktu tertentu, untuk menganalisis, menarik kesimpulan, dan mengambil langkah-langkah lebih lanjut untuk menyikapi, menentukan tindakan atau penyelesaian masalah pribadi, hidup, dan perilaku.
Meditasi bisa menjadi metode untuk mengenali diri sendiri. Meditasi membutuhkan ketenangan, melalui meditasi kamu bisa lebih fokus untuk berfikir dan memikirkan siapa kamu, apa tujuan kamu dan keinginan yang lain.
Lalu bagaimana cara meditasi yang baik dan benar? Caranya cukup simpel, yang harus kamu lakukan adalah:
  1. Cari tempat yang tenang, bisa di kamar atau di ruang tamu asal kondisnya tidak berisik.
  2. Gunakan pakaian yang nyaman dan jangan terlalu ketat agar otot-ototmu bisa rileks.
  3. Posisikan tubuh serileks mungkin, bisa duduk sambil bersila atau duduk seperti biasa dengan kaki menempel di lantai.
  4. Posisikan bahu senyaman mungkin dan serileks mungkin kemudian letakkan tangan di pangkuan.
  5. Mulai atur pernafasan dengan cara bernafas melalui hidung dan mengeluarkan perlahan melalui mulut, lakukan beberapa kali dengan ritme yang konsisten agar tubuh menjadi tenang dan fokus.
  6. Nikmati fokus dengan tenang dan biarkan pikiran lepas selama 20-30 detik.
  7. Kemudian dalam fase tenang tersebut kamu tinggal melakukan tujuan meditasi kamu, mulai bertanya pada diri sendiri dan mulai mencari apa tujuan hidup kamu.
  8. Jika ingin menyudahi meditasi, sebelum membuka mata lakukan penyesuaian terlebih dahulu dengan lingkungan sekitar, mulai munculkan kesadaran bahwa kamu sedang melakukan posisi duduk setelah itu buka mata kamu perlahan.
Nah itu tadi tips melakukan meditasi, waktu yang ideal untuk melakukan meditasi adalah pada saat matahari terbit atau setelah subuh dan padasaat matahari terbenam atau selepas maghrib. Setelah kamu mengetahui tujuan hidup kamu, jangan lupa set goals menggunakan metode SMART goals agar kamu tidak terlalu berlebihan dalam membuat goals.

"Disana gunung disini gunung, di tengah-tengahnya ada gorengan, sampai disini dulu sampai jumpa di artikel selanjutnya."

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!