Tidak dapat dipungkiri kata berbenah bagi sebagian orang mungkin menjadi “momok”. Bagaimana tidak, ketika mendengar kata berbenah pasti yang terlintas dipikiran kita adalah capek, lelah, kotor, berantakan dan lain sebagainya. Ya memang, itu menjadi pikiran saya sebelum mengenal metode berbenah konmari.

Bersih-bersih rumah, melakukan sortir barang yang sudah tidak dipakai memang sudah menjadi hal yang biasa saya lakukan sebelumnya. Namun berbenah dengan metode konmari ternyata mengubah mindset saya ketika akan melakukan berbenah. Menentukan goals kemudian memvisualisasikan mimpi serta harapan kita akan ruang kerja dan rumah impian dalam tulisan membuat saya excited untuk menerapkan metode konmari baik di rumah maupun di kantor. Untuk penerapan metode konmari di rumah, saat ini belum saya terapkan karena perlu mengkomunikasikan hal ini pada keluarga agar impian yang kami tentukan bersama bisa diwujudkan bersama juga.

Selasa kemarin, saya mulai berbenah pada hal-hal kecil khususnya di meja kerja saya. Mulai mengurangi hal-hal yang kurang penting dan fokus sama beberapa peralatan kerja yang sparks joy buat mendukung kreativitas dan memberikan trigger positif buat otak saya. Biasanya kondisi meja kerja saya seperti ini, gak miring miring penataannya.

Tapi setelah tahu  bagaimana metode konmari, saya mulai menata meja saya dan membiasakan untuk meletakkan sedikit saya peralatan yang menurut saya penting. Headset ketika sudah tidak digunakan, segera disimpan kembali ke tempatnya. Charger laptop jika tidak digunakan ditaruh di bawah meja. Setelah makan saya usahakan selalu mencuci tanpa menunda.

Intinya saya bersyukur bisa dapat ilmu berbenah versi konmari ini. Mulai dari cara keep barang yang harus memenuhi kriteria seperti informational, functional, segmental dan rarely kemudian fokus pada barang-barang yang spark joy sampai hal-hal simple seperti melipat baju, mukena dll tanpa banyak memakan tempat. Last but not least, terima kasih buat Angels yang sudah memfasilitasi kami dengan sharing session yang luar biasa bermanfaat ini. Thank you 🙂

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!