Temukan jati dirimu, lakukan apa yang kamu sukai untuk perkembangan hidupmu.

Dari video Find your purpose Kak Bagia saya ikut merasakan suasan meditasi yang teman-teman beonic lakukan (karena saat itu saya berhalangan untuk hadir)


Meditasi adalah kegiatan memikirkan, merenungkan. Arti definisinya, meditasi adalah kegiatan mental terstruktur, dilakukan selama jangka waktu tertentu, untuk menganalisis, menarik kesimpulan, dan mengambil langkah-langkah lebih lanjut untuk menyikapi, menentukan tindakan atau penyelesaian masalah pribadi, hidup, dan perilaku.

Meditasi juga dapat diartikan sebagai Pemusatan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu (KBBI). Selain itu meditasi juga dapat diartikan sebagai suatu cara untuk melatih diri kita sendiri untuk mengalami kehidupan dengan tataran cita atau sikap yang lebih bermanfaat.


Dengan kata lain, meditasi melepaskan kita dari penderitaan pemikiran baik dan buruk yang sangat subjektif yang secara proporsional berhubungan langsung dengan kelekatan kita terhadap pikiran dan penilaian tertentu. Kita mulai paham bahwa hidup merupakan serangkaian pemikiran, penilaian, dan pelepasan subjektif yang tiada habisnya yang secara intuitif mulai kita lepaskan. Dalam keadaan pikiran yang bebas dari aktivitas berpikir, ternyata manusia tidak mati, tidak juga pingsan, dan tetap sadar.


Meditasi perlu dilakukan sesekali ditengah sibuknya kegiatan yang dilakukan, karena bisa merileks kan tubuh dan membuang energi jahat, juga bentuk komunikasi dengan tubuh dari diri sendiri.


Terkadang manusia seringkali jarang memberikan penghargaan kepada diri sendiri yang sudah berhasil melewati semua ini, masa-masa susah yang dihadapi. Kita harus memberikan apresiasi kepada diri sendiri, contohnya membeli makanan yang enak sebagai apresiasi diri salah satunya.



Manusia kadang susah juga berdamai dengan diri sendiri, padahal berdamai dengan diri sendiri adalah hal yang penting dan harus dilakukan. Kenali diri sendiri, cobalah berbicara dengan diri sendiri dan sayangi diri sendiri. Tak banyak manusia lebih menyenangkan perasaan orang lain, dan lupa diri sendiri belum senang dan bahagia.






Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!