What I Learn

Bahagia Itu Mudah

by Faizul Adib

Saya yakin setiap orang ingin bahagia, dari keinginan untuk bahagia tersebut, setiap orang melakukan kegiatan-kegiatan untuk mendapatkan kebahagian, nah, misalnya ada pertanyaan "Saya bahagia jika ? ...." ada sebagian teman saya yang menjawab "Lulus Kuliah," ada teman yang lain yang menjawab "Menikah".

 

nah, untuk menuju pencarian kebahagian, ternyata banyak caranya. berdasarkan sharing session Mas Bagia waktu lalu, cara untuk bahagia itu banyak macamnya, kita bisa menentukan sendiri, tapi yang paling penting adalah modal untuk menuju kebahagian, berikut ini akan saya coba lanjutkan ringkasan dari Mas Bagia tentang modal mendapatkan kebahagiaan.


MODAL BAHAGIA


Tujuan Hidup Yang Positif

setiap orang tentunya punya keinginan dalam hidupnya, setidaknya punya cita-cita atau harapan yang ingin dia dapatkan, entah itu menjadi pejabat, pengusaha, guru, atau yang lain. tujuan hidup yang positif mempengaruhi apa yang kita lakukan saat ini dan apa yang kita putuskan dalam memilih sesuatu, misalnya jika kita ingin menjadi seorang guru, maka yang kita lakukan adalah mengembangkan diri dan terlibat aktif dalam dunia pendidikan. akan berbeda jika tujuan hidup kita di akhir nanti adalah menjadi pengusaha, maka yang akan kita lakukan adalah belajar tentang bisnis dan mencoba menekuni bidang usaha.

 

Kuncinya adalah positif, apapun tujuan hidup kita, selama itu positif dan kita konsisten mengejarnya, maka seberat apapun cobaan yang kita hadapi, kita akan sadar bahwa cobaan tersebut perlu dilewati dan kita dengan senang hati melaluinya.

 

Nah, apakah kalian sudah menentukan tujuan hidup? jika sudah ada, maka konsisten dan jalani saja semua tantangan yang muncul, sebesar apapun tantangannya, saya yakin kalian bisa melewatinya karena ada tujuan yang membuat kalian bersemangat.

 

Bebas Dari Beban

Pada sharing session kemarin, Mas Bagia mengatakan bahwa setiap orang pernah mengalami masalah, baik masalah yang sudah selesai, atau yang belum. sebuah masalah jika dapat diselesaikan, maka tidak akan menjadi beban dan tidak akan berpengaruh terhadap kehidupan kita. yang menjadi beban adalah masalah yang dipendam atau yang belum diselesaikan pada masa lampau.

Lalu bagiamana cara menyelesaikan masalah pada masa lampau? terutama masalah yang sudah bertahun-tahun lalu atau masalah yang terjadi pada saat kita masih anak-anak.

Pada sharing session kemarin, Mas Bagia mengajak kami para Beonic untuk menyelesaikan masalah pada masa lampau yang masih menjadi ganjalan pada hati dan pikiran kita, caranya adalah dengan melakukan meditasi, kami diajak menenangkan diri, dan membayangkan bertemu dengan diri kita sendiri pada masa anak-anak, kemudian kita selesaikan masalah dalam imajinasi kita, kita katakan bahwa masalah sudah selesai.

Untuk masalah yang masih baru terjadi atau orang yang menjadi masalah masih bisa kita temua, maka saran dari Mas Bagia adalah untuk segera menemui orang tersebut dan menyelesaikan masalahnya.

Dengan 2 cara diatas, maka tidak ada lagi beban masalah dalam hidup kita, sehingga setiap keputusan yang kita ambil tidak mendapatkan gangguan apapun dari masalah tersebut.


itu adalah sedikit cerita tentang bagaimana cara mendapatkan kebahagiaan yang saya ambil dari sharing session, semoga bermanfaat untuk kita semua. Modal bahagia sudah siap? jika sudah, maka "Auto Bahagia" di kehidupan kalian. semoga...

 

Dapatkan insight dari cerita saya yang lain!

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!