Konmari, Langkah Kecil Yang Menyenangkan Hati

by Amira Rudi

Seringkali saya bertanya pada diri sendiri, kenapa barang yang saya miliki bukan berkurang dan malah bertambah.
Yang paling menarik terkadang saya lupa bahwa saya memiliki barang tersebut, menjadikan barang yang saya lupakan menjadi tak tersentuh bahkan tak terawat 🙁 


Lalu muncul di dalam benak pikir saya, apa yang salah ya?

Apa yang membuat hal tersebut terjadi?

Salah satu contoh yang terjadi adalah pakaian yang ada di dalam almari saya seringkali berantakan, dan tidak semua saya gunakan dengan optimal. Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa lemari semakin tidak cukup, berantakan, dan lupa taruh barang 🙁 Setelah membaca materi tentang KONMARI,saya putuskan untuk melakukan inspeksi massal pada pakaian yang ada di dalam almari saya. 


  • Kurang lebih tampilan sebelum tertata seperti ini :

  • Saya putuskan untuk menata dengan lebih rapi, dan mengelompokkannya berdasarkan warna baju atau tone baju tersebut.

Walaupun pada gambar kedua terlihat lipatan baju tersebut belum meggunakan cara konmari, namun sementara ini saya akan mencoba menggunakan metode pengelompokkan berdasarkan warna dan jenis baju tersebut. Seperti contoh baju yang saya pakai di rumah dan di luar rumah, bahkan warna kerudung juga saya pisahkan antara yang gelap dan terang. Kebetulan dari hasil merapikan dan memilah baju di dalam almari tersebut beberapa telah saya pisahkan sekiranya yang sudah tidak memberi kebahagiaan dan sepertinya akan lebih bermanfaat jika diberikan kepada orang lain. Namun sayangnya belum terdokumentasikan.

Nah dari konmari saya belajar, penyebab mengapa baju saya semakin banyak dan merasa setiap pieces dari baju tersebut tidak seluruhnya juga saya pakai. Maka beberapa hal ini saya rangkum dan ambil pelajaran :

  • Ketika baju mulai usang dan sudah tidak dapat digunakan maka alangkah baiknya untuk mulai mengikhlaskan
  • Baju semakin banyak bisa jadi memang kita hanya menambah tanpa mengelola kembali barang yang sudah ada
  • Pastikan untuk membeli barang yang memang kita butuhkan dan tahu tujuan ketika membeli baju tersebut

Saya rasa itu hal yang saya pelajari melalui KONMARI dan hal tersebut memang benar membantu dan memberikan dampak positif terhadap diri saya sendiri maupun di sekitar saya.

Semoga bermanfaat 🙂

 

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!