Jika Tujuan Sering Samar dan Terasa Jauh

by Amira Rudi

Seringkali kita merasa bahwa apa yang kita lakukan tidak benar - benar memberikan kebahagiaan. Dan seringkali kita merasa hal yang ingin kita capai semakin samar dan terasa jauh. Menjadi manusia yang hidup dan bersosialisasi dengan banyak orang bahkan melalui banyak hal di setiap perjalanan, pastinya kita akan sering menerima sebuah kemenangan atau bahkan kegagalan.


Ketika kegagalan datang dan terjadi di dalam diri kita, terkadang apa yang menjadi tujuan kita menjadi sangat jauh dan tampak samar.


Mereka bilang itu adalah hal biasa, dan hal yang wajar. Namun apakah memang demikian? Apakah semua orang akan merasa biasa saja terutama ketika menerima sebuah kegagalan? Ketika menerima sebuah kegagalan mungkin kita akan berusaha tegar dan menerima kekalahan tersebut, namun yang terjadi adalah kamu “menahan perasaan” tersebut dan seakan enggan untuk menerima bahwa dirimu mungkin bersedih.

Padahal itu hal yang wajar bukan? Karena kita manusia, mengejar mimpi dan terjatuh saat berjalan adalah bagian dari hidup.

Kemudian melihat apa yang disampaikan oleh Kak Bagia, bahwa kita tidak dapat menghancurkan sebuah energi bahkan memusnahkan mereka, tidak akan pernah bisa kita mengahancurkan energi. Lalu apa yang harus kita lakukan ketika menahan rasa kesedihan akan kegagalan atas impian yang ingin kita capai?

 

  1. Percaya bahwa setiap manusia pernah mengalami sebuah kegagalan
    Kita hanyalah manusia, terpuruk akan keadaan akan terasa tidak bijak dan akan menyakiti diri sendiri. Jika gagal anggap itu adalah satu langkah atau bagian dari menuju impianmu.
  2. Tidak berusaha menahan kesedihan
    Kesedihan , Amarah dan Kebencian yang tertahan hanya akan menghasilkan energi negatif di dalam dirimu. Karena kita tidak dapat menghilangkan sebuah energi, maka lakukan hal positif yang dapat mengubah emosi tersebut menjadi hal yang lebih bermanfaat dan memberi energi baru untuk kamu.
  3. Lepaskan kesedihan agar hati merasa lebih lega
    Kesedihan tersebut akan terlepas darimu, rasakan bahwa hatimu tidak lagi tertahan dan bersiap dengan hal baru yang akan membawamu menuju impian yang kamu harapkan selama ini.
  4. Mulai bangkit angkat kepala kita dan yakinkan dirimu
    Bangkit setelah terjatuh adalah cara terbaik untuk buktikan dan yakinkan kepada dirimu sendiri, sebab satu - satunya orang yang akan membuatmu bangkit dan percaya adalah Dirimu Sendiri.

Ada satu kutipan yang menjadikan saya mengerti dan memahami arti bahwa,

Kesuksesan dalam mencapai tujuan kita bukan benar benar guru terbaik kita, melainkan kegagalan yang membuat kita dan menjadi guru kita selama ini. 

Semoga artikel berikut ini bermanfaat ya :):

 

 

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!