Tahukah kamu bahwa sebagian besar aktivitas yang kita lakukan adalah mencari, katakan seperti mencari bahan materi di Google, Mencari file berkas di komputer, Mencari pakaian di lemari, Mencari kunci sepeda motor, mencari apps di smartphone dan lainnya. Proses pencarian ini tentunya akan menghabiskan waktu dan menguras tenaga. Tentunya hal ini perlu dihindari apalagi jika kita akan memulai suatu aktivitas. Nah, salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi fenomena ini adalah metode Konmari.

Metode konmari merupakan suatu cara untuk berbenah dengan cara menyimpan barang sesuai dengan prioritas tertentu. Yang pertama #1 Sort by Category, kita perlu urutkan barang tersebut sesuai dengan kategorinya misalkan baju, jaket, kertas, sepatu. Yang kedua #2 Spark Joy, artinya kita menyimpan barang berdasarkan seberapa jauh dia bisa memberikan kesenangan bagi kita sendiri. Misalkan plakat, koleksi novel, Boneka, Hadiah Action Figure. 

Dilihat dari nilai barangnya, barang yang bisa disimpan kita bisa bagi berdasarkan (1) Functional (2) Informational (3) Sentimental dan (4) Rarity. Kita simpan barang yang memiliki fungsi yang tinggi dan sangat diperlukan seperti Smartphone, Dompet, Kunci. Barang kedua yang bersifat informasional seperti Kartu Keluarga, KTP, Paspor, dan Ijazah. Barang ketiga yang tergolong Sentimental seperti hadiah boneka dari pacar, Action Figure, dan Novel. Barang keempat yaitu Rarity yaitu barang yang langka misalkan uang kuno, piringan hitam, jersey lama dan game konsol.


Metode berbenah menggunakan metode konmari tidak hanya bisa diterapkan barang-barang di rumah. Kita bisa menerapkannya di tempat lain misalnya di Laptop, Smartphone dan Browser yang kita miliki. Yang pertama, kita bisa menerapkan metode konmari di laptop kita dengan cara sort category folder misalnya Folder Music, Folder Foto, Folder Dokumen, Folder Lain-Lain. Barang yang mempunyai 4 nilai di atas bisa ditaruh di depan.

Pada Smartphone, kita bisa menerapkannya dengan cara aplikasi yang paling sering diakses ditaruh di paling depan (Home) pada gambar 1, Sedangkan pada halaman selanjutnya merupakan apps lain yang sering kita gunakan.

Di Browser kita bisa terapkan dengan cara menggunakan fitur Bookmark

Berdasarkan pemaparan di atas, ternyata metode konmari bisa kita terapkan di berbagai sisi kehidupan dan aktivitas kita. Menggunakan metode Konmari, ada perasaan lega, semangat, bangga karena barang yang kita miliki sudah teratur,  mudah dicari, tidak mudah terdistract dan terlihat indah

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!