Memulai Langkah untuk Mencapai Tujuan

Course yang kali ini akan dibahas adalah tentang “How to set goals and become incredibles” yaitu bagaimana kita menetapkan goals atau tujuan, mimpi, cita-cita yang ingin kita capai. Tujuan atau cita-cita berbeda dengan objektif, jika tujuan adalah hal yang ingin kita capai, maka objektif adalah langkah-langkah yang kita ambil untuk mencapai tujuan itu.

Source : Pexels

Menentukan tujuan adalah salah satu cara untuk mempercepat pengembangan pribadi anda karena dengan memiliki tujuan memberikan fokus dan arah kepada hidup kita. Namun kesalahan pada kebanyakan orang adalah mereka miliki tujuan namun tidak memikirkan dan melakukan langkah-langkahnya. Oleh karena itu, dalam menetapkan tujuan kita dapat menggunakan prinsip “SMART” atau Specific, Measurable, Achivable, Realistic dan Time Sensitive.

  1. Specific,
    Mendefinisikan tujuan kita dengan sangat jelas memungkinkan untuk mengidentifikasi langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan
  2. Measurable,
    Memprediksi jika kita akan mencapai tujuan, dan jika tidak, hal ini dapat memaksa kita untuk melakukan evaluasi.
  3. Achievable,
    Tujuan yang di tetapkan harusnya memerlukan langkah-langkah yang secara kapabilitas kita dapat melakukannya
  4. Realistic,
    kita dapat mencapai tujuan dalam jangka waktu yang kita putuskan dan dengan keterampilan dan sumber daya yang kita miliki
  5. Time Sensitive
    waktu membantu kita untuk menciptakan perasaan urgensi dalam mencapai tujuan.

Pada course ini dijelaskan bahwa alangkah lebih baik jika kita tidak hanya membuat tujuan di angan-angan, namun membiasakan diri untuk menuliskannya sehingga kita memiliki panduan jelas akan tujuan kita. Tujuan juga merupakan hal yang sangat fleksibel dan dapat berubah, jadi kita harus sering sering mengevaluasi kembali tujuan yang kita inginkan dan langkah langkah yang kita jalankan.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.