Kira-kira apakah selama ini sudah paham dengan goals kalian? Mungkin sebagian orang sudah mulai menata goals mereka sejak dini. Tetapi tidak sedikit juga yang masih bingung akan goals yang ingin mereka capai.

Setiap orang pasti mempunyai goals atau tujuan. Tetapi setiap orang memiliki cara berbeda untuk mencapai goals mereka. Menurut penelitian dari Harvard Business MBA Program, 84% orang tidak memiliki goals yang spesifik, 13% lainnya memiliki goals yang spesifik tapi tidak dalam sebuah tulisan, dan 3% orang memiliki goals yang mereka tulis. Maka dari itu, setting goals untuk mencapai sebuah tujuan sangatlah penting.

Menetapkan sebuah tujuan adalah salah satu cara untuk meningkatkan pengembangan pribadi kita. Sebuah tujuan atau goals dapat membantu diri untuk memperluas keyakinan kita terhadap apa yang dapat kita capai.

SMART, merupakan 5 cara yang dapat kalian gunakan untuk mencapai sebuah goals atau tujuan. Berikut penjelasannya terkait SMART.

S – Spesific (Kalian harus mempunyai tujuan yang jelas)

M – Measurable (Kalian harus mengukur progress yang sedang di jalani untuk mencapai tujuan)

A – Attainable (Sebuah target harus realistis dan dapat dicapai)

R – Realistic (Mempunyai target yang tepat)

T – Time bound (Membuat deadline untuk mencapai target)

Ada 5 Rules dalam mencapai sebuah goals. Yaitu :

1. Tentukan tujuan kalian dengan jelas

2. Tuliskan goals yang ingin kalian tuju

3. Pastikan goalsnya selaras dengan bakat kalian

4. Jangan hiraukan perkataan orang tentang tujuan yang tidak sesuai padahal anda dapat menyelesaikannya

5. Harus gigih menghadapi kegagalan. Jangan melihat kegagalan sebagai sebuah akhir.

Sebetulnya, keyakinan pada diri kalian sendiri lah yang membatasi pencapaian kalian. Dan pentingnya memiliki goals serta mengembangkan kebiasaan, keterampilan, pengetahuan khusus serta sikap untuk mencapainya.

Dalam hal ini semua, pada intinya sebuah goals akan mudah dicapai jika kita tepat untuk mencapainya dan konsisten. Sebuah kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Set goals mulai dari sekarang untuk persiapan yang lebih matang.

Apa kalian sudah siap merealisasikan goals yang akan datang? Stay Focus!

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!