pexels-fauxels-3184419

Dari course Personality Types at Work saya mendapatkan insight bahwa setiap manusia memiliki berbagai kepribadian. Masing-masing kepribadian ini memiliki sifat yang unik dan dapat dianalisis menggunakan beberapa test kepribadian seperti Briggs-Mayers (MBTI), Birt Type dan Big 5.

Sebuah Tim hendaknya memiliki kerjasama yang seimbang agar kinerja tim dapat berjalan dengan lancar dan efektif. Dengan menganalisis tipe kepribadian masing-masing anggota tim kita dapat mengetahui sifat setiap anggota dan menempatkan dirinya satu sama lain. Dengan mengetahui karakteristik lawan bicara atau anggota lain maka kita dapat menyesuaikan ekspetasi kita terhadap anggota lain.

Dari 3 test personality yang ada di course ini saya lebih menyukai test Myers Briggs Test Indicator (MBTI) karena dari test ini dijelaskan secara rinci mulai dari kelebihan dan kekurangan sampai detail indikator masing-masing kepribadian. Setelah melakukan test kepribadian MBTI saya tergolong tipe ISTJ (Introverted, Sensing, Thinking, Judging) tipe ini memiliki kepribadian yang senang mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka dan bangga dalam pekerjaan yang mereka lakukan – ketika bekerja untuk mencapai tujuan, ISTJ mengerahkan semua waktu dan energinya untuk menyelesaikan setiap tugas yang relevan dengan keakuratan dan kesabaran.

Setiap tipe kepribadian akan memiliki sifat berbeda-beda, alangkah baiknya jika kita dapat mengetahui tipe kepribadian diri kita sendiri dan rekan kerja kita. Dengan itu kita dapat menempatkan diri dan mengetahui ekspetasi kita saat bekerjasama dan mencapai kinerja yang sehat dan efektif.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!