Sebagai makhluk sosial, manusia tidak akan lepas berdampingan dengan manusia lainnya. Tetapi dalam kehidupan sosial pasti yang namanya pro-kontra. Hal ini disebabkan Karen setiap manusia memiliki pemikiran yang beda-beda. Dalam hal ini, saling memahami satu sama lain menjadi salah satu hal penting dalam melakukan sebuah interaksi sosial. Tetapi, kunci utamanya adalah mengetahui diri sendiri terlebih dahulu sebelum ingin di pahami oleh oranglain.

Hal-hal terkait personality juga sangat penting di dalam sebuah pekerjaan. Dalam sebuah proses rekruitmen di perusahaan, HR melakukan tes kepribadian untuk menentukan 60% kelanjutan proses tes pada calon karyawannya. Personality atau kepribadian yang baik dalam sebuah pekerjaan akan berpengaruh bagaimana pekerjaan atau perusahaan tersebut berkembang dengan baik atau tidak.

Dalam sebuah perusahaan terdapat banyak orang di dalam timnya. Hal ini membuat banyaknya pemikiran yang dapat menjadi boomerang jika tidak memiliki visi dan misi yang sama. Memahami kepribadian diri sendiri menjadi hal yang krusial agar dapat dipahami oleh oranglain.

Seorang pimpinan harus bisa melakukan komunikasi yang fleksibel agar dapat memimpin sebuah perusahaan dengan sukses dan berkembang. Salah satunya adalah dengan memahami tiap karakter yang dimiliki oleh karyawannya. Dengan mengetahui karakter masing-masing, seorang pemimpin dapat menganalisa jikalau ada hal-hal yang perlu di selesaikan dengan komunikasi yang baik sesuai karakter mereka.

Dalam pekerjaan, atasan dapat mengetahui bagaimana karyawan tersebut dapat menyelesaikan pekerjaan yang diberikan dengan baik sesuai porsinya. Hal ini menjadi acuan penting bagi atasan dalam menentukan pembagian jobdesc tiap tim ataupun individu.

Hal-hal yang mendorong individu berkembang dalam sebuah pekerjaan sebetulnya dasarnya dari dalam diri sendiri. Tetapi di samping itu juga dapat dipengaruhi oleh budaya dalam sebuah perusahaan naungannya. Keselarasan tujuan perusahaan dengan karyawan mempunyai dampak yang besar bagi kemajuan diri serta perusahaan itu sendiri.

Jika perusahaan memfasilitasi upgrade skill bagi karyawannya, hal tersebut juga menjadi salah satu modal bagi penyelarasan tujuan bersama.

Jadi, siapakah diri kalian? Yuk mulai kenali diri kalian disini https://www.humanmetrics.com/ atau kalian juga bisa cek di berbagai online test lainnya.

Know your self before you jump to grow ! Good luck. 🙂

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!