Mencapai Target Dengan Metode SMART Goals

Setiap orang pasti memiliki Goals atau tujuan dalam hidupnya. Banyak orang yang masih bingung bagaimana cara yang dapat mengantar mereka pada tujuan hidupnya, terlebih lagi jika orang yang masih muda dan masih naif tentang cara dunia bekerja.

Banyak cara agar meraih Goals dalam hidup dan banyak cara juga yang gagal ketika ingin menggapai tujuan dari hidup. Oleh karena itu izinkan saya mengenalkan kalian semua dengan metode SMART GOALS, metode ini banyak dipakai oleh orang – orang untuk mendapatkan tujuan dari hidup mereka. Meskipun ini dibilang cara yang tidak instan percayalah metode ini menurut saya pribadi lumayan terbukti.

1. Specific

Spesifik adalah salah satu komponen dari smart. Spesifik disini adalah menetapkan target yang jelas dengan jangka waktu yang tidak terlalu jauh.

Sebagai contoh tujuan yang jelas yaitu “Saya ingin lebih sehat” dengan cara melakukan olahraga setiap hari minimal 30 menit sebelum berangkat bekerja. 

2. Measurable

Selanjutnya adalah Measurable yaitu mengukur sejauh mana kalian dengan target. Tujuan dari mengukur ini adalah membantu kalian tetap pada rencana dan tidak mudah teralihkan. Misalnya menentukan indikator apa yang jadi penentu kalian disebut berhasil atau gagal. 

Sebagai contoh apabila Anda ingin mahir dalam mengoperasikan perangkat cisco. Maka Anda bisa mengukur kemajuan melalui tes sertifikasi agar kalian tahu seberapa mahir kalian.

3. Achievable

Salah satu komponen di dalam SMART Goal adalah achievable. Tujuan yang telah kalian tetapkan harus realistis dan memiliki kemungkinan untuk dicapai, sehingga kalian bisa menemukan cara untuk mewujudkan goals tersebut. Jika kalian memiliki goals yang tinggi harus diimbangi dengan kesiapan dan kemampuan kalian yang tinggi juga.

4. Relevan

Target yang kalian buat harus realistis atau relevan dengan kebutuhan masa depan kalian. Jika target hidup kalian tidak relevan dengan kebutuhan kalian di masa depan akan tidak berguna target hidup kalian. 

5. Time base

Cara cepat mencapai tujuan adalah menetapkan tenggat waktu. Pentingnya menetapkan tenggat waktu adalah agar kalian tetap berusaha dan tidak menyerah dalam berproses menggapai tujuan hidup kalian.

Demikian penjelasan poin – poin dalam SMART Goals. Semoga dengan artikel ini dapat membantu kalian agar dapat menggapai Goals dalam hidup kalian ya guys. Share ke teman kalian jika artikel ini membantu

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.