Cara Tepat Menetapkan Tujuan (Goals) untuk Hasil yang Luar Biasa

Setiap individu pasti memiliki keinginan yang dicapai. Namun perlu pendekatan khusus dalam menyiapkan goals dan mendapatkan hasil yang luar biasa. Berikut ada beberapa ulasan terkait apa itu goals, pentingnya menetapkan goals dan cara menetapkannya.

Apa itu Goals?

Goals atau tujuan adalah sebuah pernyataan yang ingin dicapai individu ataupun kelompok. Tujuan yang dicapai setiap individu pasti berbeda, tergantung dari kondisi dan fokus masing-masing.

Pastinya goals yang akan dicapai akan membawa setiap individu untuk berproses menjadi yang lebih baik. Jadi menetapkan tujuan adalah salah satu cara untuk mempercepat pengembangan pribadi karena tujuan memberikan fokus dan arah yang sesuai.

Pentingnya Menetapkan Goals

Tokoh terkenal seperti Thomas Edison dan Alexander Graham Bell merupakan contoh sukses dalam menetapkan tujuan atau goals dalam mencapai sesuatu. Mereka berhasil karena mereka mampu menetapkan tujuan.

Setiap goals yang jelas yang sudah ditetapkan sejak awal akan mendorong setiap individu melalui pikiran bawah sadar hingga secara otomatis mempengaruhi tindakan fisik tubuh menuju pencapaian tujuan tersebut.

Oleh karena itu pentingnya mengatur tujuan sejak awal sebelum berproses penting, karena sangat berpengaruh pada setiap langkah yang diambil.

Cara Menetapkan Goals

Berikut salah satu metode yang efektif untuk menentukan dan mencapai tujuan baik untuk personal atau perusahaan. Penggunaan metode SMART Goals akan membantu dalam membuat target yang spesifik dan realistis serta progres yang terukur jelas.

Metode SMART

SMART merupakan singkatan dari Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Time-bound

  1. Specific

Semakin spesifik target atau tujuan yang ditetapkan, semakin mudah pula untuk fokus dan lebih termotivasi dalam mencapainya.

  • Measurable

Sebuah tujuan yang terukur akan jadi lebih nyata dan mudah diraih. Penggunaan aspek atau parameter yang jelas akan memudahkan dalam mengevaluasi setiap progres atau kemajuan.

  • Achievable

Pastikan target yang akan dicapai itu realistis untuk dikejar. Kondisi dan kemampuan saat ini menjadi faktor penting menentukan target yang achievable atau tidak.

  • Relevant

Pastikan setiap tujuan yang ingin dicapai adalah penting dan sesuai dengan plan jangka panjang.

  • Time Sensitive

Menentukan deadline yang realistis dan mempertimbangkan seberapa lamakah untuk melakukan setiap proses yang dilakukan.

Dapatkan Hasil yang Maksimal

Kunci untuk semua proses dalam perkembangan adalah kesadaran diri. Yaitu dengan benar-benar memahami apa yang kita kuasai dan apa yang tidak kita kuasai. Inilah mengapa kesadaran diri sangat penting.

Selain itu berpikir positif juga menjadi sangat penting, karena hal positif satu-satunya cara agar dapat mencapai hal-hal yang luar biasa.

Untuk mendapatkan tujuan yang sesuai harapan dan maksimal, lingkungan yang suportif sangatlah penting dengan orang-orang yang akan mendukung dan membantu untuk tumbuh dan berkembang

Jadi, carilah mentor, temukan seseorang yang bisa dipercayai dan bisa membuat berkembang.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.