Halooooo, Eka disini.

Manusia terdiri dari dua bagian penting, badan dan pikiran. Tanpa salah satunya, manusia tidak akan bisa terbentuk. Sebelum membahas tentang mind atau pikiran, sebaiknya kita bahas dulu tentang manusia khususnya diri kita sendiri.

Mengenali diri sendiri

Sebelum memulai, saya ingin bertanya. Apakah kalian sudah benar benar mengenali diri sendiri? Sudah yakin telah mengenal diri sendiri? Bagi yang merasa belum mengenal diri sendiri, ayo kita bahas bersama.

Sebenarnya diri kita ini siapa sih? Yang pertama, coba cari identintitas diri sendiri. Kamu ini seorang laki laki atau perempuan. Pilih salah satu jangan keduanya. Setelah itu yang kedua, kamu ini berstatus apa? Sudah menikah atau belum. Sedang menunggu seseorang atau sedang asyik dengan dunia sendiri. Yang ketiga ini agak susah. Tentukan visi dan misi kamu. Apa sih yang akan kamu capai di kehidupan kamu. Dan tentukan visi dan misi yang akan membawa kamu menuju pencapaian-pencapaian yang akan kamu raih.

Keempat, apa talenta yang kamu miliki. Coba sebutkan bakat yang kamu miliki. Jika belum tau, mungkin kamu belum menemukan bakat tersembunyi yang ada di diri kamu. Terus mencari ya. Bakat itu tidak terbatas, semakin banyak bakat yang kamu miliki maka semakin unik kamu. Yang kelima dan terakhir, apa keinginan kamu. Setelah menentukan visi dan misi hidupmu, saatnya kamu menjabarkan apa keinginan-keinginan yang ingin diraih selama hidup. Coba dipikirkan baik baik, karena sejatinya manusia itu hidup untuk memenuhi keinginan-keinginan. Tidak melulu dalam pekerjaan atau tentang barang. Keinginan itu juga bisa berupa mencari pahala sebanyak-banyaknya untuk bekal di akhirat.

Problematika kehidupan

Dalam perjalanan mencari dan mengenali diri sendiri ini, manusia tidak akan lepas dari masalah-masalah. Masalah ini bisa datang dari manapun, bahkan dari diri sendiri sekalipun. Beberapa masalah yang datang dari diri sendiri ini contohnya seperti masalah tanggung jawab. Hal ini memang hal berat, tidak semua orang bisa menanggung. Namun karena tidak semua orang bisa menganggung bukan berarti tidak punya. Setiap orang pasti memiliki tanggung jawab masing-masing, terutama terhadap dirinya sendiri.

Masalah kedua yang akan ditemui dan berasal dari diri sendiri adalah self carachter. Setiap orang memiliki karakter masing-masing. Ada yang sangat sabar, optimis, pesimis, pemberani, penakut, dan banyak lagi. Karakter diri ini bisa menjadi identitas diri, namun bisa jadi masalah bagi diri sendiri. Jadi jangan lupa untuk terus mengenali diri sendiri.

Yang ketiga adalah kebiasaan buruk. Mayoritas orang pasti memiliki kebiasaan buruk. Entah itu diperlihatkan atau hanya diperlihatkan ke dirinya sendiri. Yang jelas kebiasaan buruk ini harus bisa dikendalikan dan jika bisa perlahan-lahan dihilangkan.

Selanjutnya adalah masalah yang datang dari luar diri sendiri. Contohnya dari lingkungan hidup, entah di sekolah, di kantor, di rumah, lingkungan hidup adalah hal yang paling dekat dengan kita dan bisa jadi menimbulkan masalah bagi diri sendiri. Kemudian bisa jadi dari keluarga, teman, ataupun dari rekan kerja dan pekerjaan.

AYO BERUBAH

Three Things Most People Don't Grasp about Growth Mindset | Teacher Booker

Mindset itu dibagi menjadi dua yaitu open minded dan closed minded. Intinya closed minded itu kurang baik karena terlalu terpaku pada satu hal dan tidak mau menerima hal-hal baru entah itu positif dan negatif.

Jika kalian merasa tipe orang yang closed minded, ayo kita berubah. Akan ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa keluar dari closed minded dan berubah menjadi open minded.

Yang pertama, belajar dari orang-orang hebat. Orang open minded akan lebih terbuka untuk belajar hal-hal baru dari banyak orang, apalagi dari orang-orang hebat. Selain dapat ilmu kita bisa dapat koneksi loh.

Yang kedua, belajar dari pengalaman. Jangan ragu untuk mengulang kembali kesalahan. Semakin banyak kesalahan semakin handal kita. Karena dari kesalahan ini kita dapat pengalaman. Pengalaman itu ilmu yang susah didapat.

Yang ketiga, menjadi kreatif. Orang open minded akan lebih kreatif karena banyak belajar dan mencari-cari referensi dari berbagai sumber. Jangan ragu untuk mengekspresikan diri. Menjadi kreatif itu tidak salah.

Yang keempat, menjadi diri sendiri dan selalu bahagia. Sebaik-baiknya orang lain akan lebih baik jika kita menjadi diri sendiri. Di lain sisi, jangan lupa untuk bahagia. Di postingan sebelumnya saya bahas tentang bahagia. bagi kalian yang belum tau apa kebahagiaan kalian, ayo dicari. Tidak harus sesuatu yang besar karena bahagia bisa didapat dari hal-hal sederhana.

Tetap berfikir positif dan terus berusaha megenali diri sendiri 🙂

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!