Pernahkah kalian merasa bosan? yaa seperti saya sekarang tiba-tiba merasa bosan, ingin melakukan sesuatu diluar to do list sehari-hari. Karena merasa penasaran mengapa orang bisa merasa bosan, akhirnya saya browsing untuk mencari tau apa sebenernya arti kata bosan dan bagaimana menyikapinya.

 

Setelah saya browsing mengenai arti kata bosan ternyata hal luar biasa telah saya temukan. Tahu nggak temen-temen kalau sebenarnya rasa bosan itu bisa memiliki manfaat buat diri kita?? Mau tau penjelasannya?? Yuks simak penjelasannya.

Berdasarkan definisi bosan yang saya baca, Kebosanan adalah keadaan emosional atau psikologis yang dialami saat seseorang dibiarkan tanpa sesuatu yang khusus dilakukan, tidak tertarik pada lingkungannya atau merasa bahwa hari atau periode pada saat itu membosankan.

Menurut Doreen Dodgen-Magee, Psy.D., seorang psikolog dari Amerika Serikat, kebosanan adalah hal yang penting karena menawarkan ruang untuk lebih menjelajahi pikiran kita dan mendorong kita untuk benar-benar terkoneksi dengan diri kita. Jadi bosan itu bisa muncul karena kita melakukan hal yang sama setiap harinya. Lalu apa sebenarnya Manfaat dari rasa bosan yang kita alami?

1. Kebosanan mengajarkan banyak hal

Rasa bosan tidak hanya memberi kesempatan untuk bermalas-malasan seperti melamun dan menghayal, namun rasa bosan memiliki kekuatan untuk mengurangi rasa cemas mengenai kehilangan dan juga memberikan kekuatan untuk mengembangkan kapasitas untuk lebih menghargai diri sendiri.

2. Kebosanan memberikan waktu untuk sendiri

Menurut David Barbour juga mengatakan bahwa dengan merasa bosan berarti kita telah memiliki waktu luang yang dapat kita habiskan untuk melakukan sesuatu apa yang kita sukai seperti melakukan hobi baru, berkebun, menulis artikel, membaca buku, bermain game, memasak dan masih banyak lagi.

3. Kebosanan bisa membantu kita mengatasi emosi yang rumit.

Menurut Katie Leikam, LCSW, LISW-CP, seorang terapis dan pemilik True You Southeast mendifinisikan Kebosanan merupakan cara kita untuk membiarkan perasaan dan keinginan untuk melakukan sesuatu hal. Ia juga mengatakan bahwa kebosanan adalah tentang mengambil kendali dalam arti bahwa terserah kita bagaimana menemukan solusi dan ide untuk menghabiskan waktu tersebut. Beliau juga mengatakan rasa bosan bisa menjadi kesempatan yang baik untuk memproses emosi kita dan mengajarkan kita untuk merasa nyaman dan percaya diri mengatasi emosi-emosi ini.

Nah itulah sedikit informasi yang saya sharing untuk teman-temen yang merasakan kebosanan, apalagi buat temen-temen yang lagi WFH yahh,  jadi bosan itu tidak selalu negatif yah, tergantung dari kita mau mengarahkan kemana untuk mengatasi rasa bosan ini. Hal yang saya lakukan ketika merasa bosan salah satunya adalah menulis artikel ini dan membuat rangkuman dari apa yang saya baca untuk di sharing kan ke teman-teman semua.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-tema semua. Banyak cara untuk mengatasi rasa bosan dan membuat kita semakin produktif

Tetap Semangaatttt 🙂

 

 

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!