Pada dasarnya, metode Konmari merupakan sebuah gaya hidup dan cara berpikir yang mendorong seseorang untuk menghargai hal-hal kecil sehingga mendatangkan kebahagiaan dalam hidup.

Metode Konmari ternyata sangat membantu dalam mengatur barang-barang yang tersebar di sekitar mobil. Karena biasanya, pengguna mobil lebih memperhatikan kebersihan eksterior, sementara interior dibersihkan ketika datang ke carwash. Nah, jika Anda ingin bergabung dengan metode Konmari, inilah caranya.

jangan meninggalkan sampah di dalam mobil

Dimulai dengan hal-hal yang paling sepele, tetapi sering dianggap remeh. Sampah yang tertinggal di mobil selain membuat interior berantakan juga membawa serangga dan bahkan tikus.

Jika memang teman Anda, harus membuang sampah ke dalam mobil, pastikan untuk segera membuangnya di tempat ketika turun dari kendaraan. Tapi jangan membuat ini alasan untuk membuang sampah ke jendela ya.

Bersihkan interior secara teratur

Setelah berhasil tidak meninggalkan sampah di dalam mobil, penting untuk mengawasi kebersihan interior. Karena pengguna atau penumpang jelas bukan hanya satu orang, bukan?

Ada baiknya menaruh tempat sampah kecil sehingga penumpang lain dapat meninggalkan tempat sampah di sana. Objek ini cukup untuk meminimalkan sampah yang berserakan di kabin. Membersihkan kabin secara rutin juga diperlukan, setidaknya seminggu sekali untuk menghindari penumpukan sampah.

Bukan hanya sampah

Untuk teman KabarOto yang menjadikan mobil itu rumah kedua, sering meninggalkan barang-barang seperti sepatu dan bahkan pakaian di dalam mobil. Sayangnya, banyak yang diremehkan dengan membiarkan pakaian yang telah digunakan tertinggal di dalam mobil.

Tidak ada yang salah dengan teman yang ingin membawa pakaian saat bepergian, tetapi saya menyarankan agar tas diletakkan di bagasi atau kursi belakang. Agar pakaian tidak dibiarkan terus menggantung bahkan bertebaran di atas karpet mobil.

Untuk pakaian yang telah digunakan, pastikan untuk langsung dilepas untuk dicuci, agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Atau siapkan dua tempat untuk pakaian bersih dan pakaian kotor jika diperlukan.

Hindari makan di dalam mobil

Nah, ini mungkin hal yang cukup sulit, biasanya sambil menikmati perjalanan atau saat bepergian terburu-buru, pengguna mobil akan membawa makanan kecil atau bekal makan selama perjalanan. Padahal remah-remah dari makanan mengundang serangga, terutama kecoak.

Agar interior mobil tidak kotor, teman-teman dapat menghindari kotoran ini dengan tidak makan di dalam mobil. Atau, jika tidak bisa dihindari, cobalah makan dengan wadah tertutup. Sehingga tidak ada bekas makanan yang tidak berserakan.

Atur peralatan di bagasi ke dalam kotak

saya sangat memanfaatkan ruang penyimpanan atau kotak untuk mengatur barang bawaannya. Nah, setiap mobil membutuhkan berbagai alat yang harus dibawa selama perjalanan.

Nah, bagaimana menjaga kebersihan interior metode Konmari ternyata sangat sederhana, bukan? Interior yang bersih juga membuatnya nyaman saat berkendara juga, semoga tips ini bermanfaat.

Referensi: lifestyle.kompas.com

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!