Untuk siapa saja yang memasuki fase pertumbuhan pribadi dan perbaikan diri, Ada dua tipe pola pikir dan semoga dengan membaca ini kamu akan mengenali beragam cara berpikir orang-orang yang kamu kenal.

Growth Mindset memiliki pengertian sebagai pola pikir bahwa kemampuan paling dasar yang mereka miliki dapat dikembangkan dengan suatu proses dedikasi dan kerja keras, otak dan bakat adalah suatu awal. Maka dari itu Growth Mindset saat ini menjadi begitu populer karna menjadi salah satu faktor dalam menentukan kesuksesaan seseorang. Yuk kenal lebih jauh tentang Growth Mindset.


Growth mindset adalah tipikal orang yang tidak mudah menyerah. Mereka yang berada dalam katagori ini condong berpikir positif tentang kemampuan mereka dan mampu memperbaiki diri dengan melihat sisi kelemahannya dalam segala hal. Kebanyakan orang dengan cara berpikir growth mindset percaya bahwa kemampuan seseorang itu adalah dinamis dan bisa diperbaiki dengan usaha yang baik. Sebagai contoh, mereka yang tergolong dalam growth mindset ketika mengalamj kegagalan akan kembali mencoba dan belajar dari kesalahan atas kegagalannya. Motivasi mereka akan muncul karena tingkat kepercayaan akan kemampuan mereka selalu mengarah ke sisi positif. 

Disisi lain, Fixed mindset adalah tipikal orang yang gampang menyerah dan condong menyalahkan kelemahan dalam diri mereka. Orang-orang seperti ini selalu melihat sisi negatif dalam diri mereka dan menganggap kegagalan sebagai akhir dari segalanya. Mereka yang tergolong dalam fixed mindset condong berpikir negatif jika mengalami kegagalan dalam segala hal dan mudah putus asa tanpa mau mencoba kembali serta menyalahkan takdir. Mereka menganggap kegagalan adalah akhir dari segalanya dan tidak bisa diperbaiki karena bagi mereka kemampuan seseorang selalu statis dan tidak bisa dirubah.


Pastikan kamu memiliki komitmen yang tinggi untuk melakukan kegiatan ini. Niat yang setengah-setengah dapat mengacaukan fokus dan semangat kamu saat merapikan barang atau membersihkan bagian rumah tertentu. Jadi harus tetap fokus agar hasilnya juga maksimal.



Jadi kami masuk team yang mana?
Silahkan kenali mindset pada dirimu 🙂












Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!