Setiap orang punya cara sendiri dalam mengemas barang dan merapikan rumah. Tujuan membersihkan dan merapikan barang-barang adalah supaya barang yang nampak berantakan bisa terlihat lebih rapi dan indah. Tahukah kamu, ada metode baru untuk membersihkan dan merapikan barang lebih mudah dan memiliki keuntungan, yaitu space yang digunakan jauh lebih sedikit?

Tentunya kita ketika membersihkan dan membereskan barang lebih senang jika lebih cepat dan hasilnya juga memuaskan.

Metode Konmari merupakan sebuah gaya hidup dan cara berpikir yang mendorong seseorang untuk menghargai hal-hal kecil sehingga mendatangkan kebahagiaan dalam hidup. Metode ini metode beberes yang mementingkan barang-barang sesuai kebutuhan.

Berikut adalah beberapa metode Konmari yang dapat kita ikuti bersama :

1.Komitmen diri untuk beres-beres

Pastikan kamu memiliki komitmen yang tinggi untuk melakukan kegiatan ini. Niat yang setengah-setengah dapat mengacaukan fokus dan semangat kamu saat merapikan barang atau membersihkan bagian rumah tertentu. Jadi harus tetap fokus agar hasilnya juga maksimal.


2. Sortir barang yang sudah tidak terpakai 

Menyortir barang yang sudah tidak digunakan merupakan faktor penting. Alasannya, salah satu penyebab rumah terlihat sumpek dan berantakan karena banyaknya barang-barang yang sudah tidak terpakai tetapi masih disimpan. Oleh karena itu, sortir dan pisahkan barang yang sudah tidak terpakai untuk selanjutnya dikeluarkan. Agar lebih memudahkan menemukan barang yang akan digunakan juga (skala prioritas)


3. Rapikan berdasar jenis, bukan lokasi

Dalam membereskan rumah, jangan mulai dari lokasi. Misalnya, kamu ingin merapikan kamar terlebih dahulu, kemudian dapur, ruang keluarga, dan sebagainya. Akan tetapi, mulailah dengan jenis yang ingin Anda rapikan. Misalnya, pakaian, dokumen, alat-alat dapur, dan sebagainya. Hal itu dikarenakan keberadaan jenis-jenis barang tertentu bisa tersebar di beberapa jenis ruangan.

4. Ikuti urutan yang benar

Jangan langsung lompat pada aturan berikutnya, sebelum aturan sebelumnya belum selesai kamu lakukan. Urutan aturan ini sangat membantu keberhasilan kegiatan bersih-bersih yang kamu lakukan.


Saya sudah mencoba Ber-konmari saat menata baju di lemari, dan hasilnya space yang biasanya saya butuhkan banyak saat ini tersedia lebih dari biasanya. Dan ternyata metode ini berguna sekalii. 😀

Demikian beberapa metode konmari yang bisa kita ikuti, semoga berguna 🙂






Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!