What I Learn

Masih Perlukan Mengubah Pola Pikir?

by Faizul Adib

 

Sebelum mengikuti sharing session terkait Growth Mindset, jika saya mendapatkan pertanyaan "masih perlukan mengubah pola pikir?" jawaban saya adalah "tidak perlu", namun setelah saya mengiktui sharing session tersebut, saya baru sadar bahwa saya harus mengubah pola pikir saya.

 

sharing session growth mindset menceritakan bahwa pola berpikir kita mempengaruhi apa yang akan kita lakukan selanjutnya, dan apa yang kita lakukan selanjutnya akan menentukan apa yang kita dapatkan di masa mendatang.

 

Dulu saya berfikir bahwa "di titik tertentu, saya akan berhenti berjuang dan hanya menikmati apa yang telah saya perjuangkan", tapi sekarang saya akan berkata bahwa "selama masih ada kesempatan, saya akan terus berjuang, dan jika kesempatan telah habis, saya akan ciptakan kesempatan itu".


Lalu, Bagaimana sharing session tentang growth mindset mengubah pola pikir saya? berikut ini ringkasan perbandingan Fixed Mindset dan Growth Mindset.


Keinginan 

Seseorang yang berpola pikir Growth, memiliki keinginan untuk terus belajar dan berkembang dengan segala resikonya, sedangkan seseorang yang berpola pikir fixed, memiliki keinginan untuk bertahan dengan kemampuannya saat ini, entah dia sudah ahli atau tidak.

 

Kemampuan

Seseorang yang berpola pikir Growth akan terus berfikir "apakah ini yang terbaik", pasti ada sesuatu yang bisa aku kembangkan lagi", sedangkan orang yang berpola pikir fixed akan berfikir bahwa "ini sudah baik, tidak ada yang perlu diubah"

 

Usaha / Kerja Keras

Seseorang yang berpola pikir Growth akan berfikir kerja keras  adalah hal yang perlu untuk terus dilakukan, sedangkan orang yang berpola pikir fixed akan berfikir bahwa kerja keras hanya membuang buang energi dan waktu

 

Tantangan dan Kegagalan

Ketika menghadapi tantangan atau kegagalan, Seseorang yang berpola pikir Growth akan terus berfikir bahwa pasti ada cara lain untuk menyelesaikan ini, sedangkan orang yang berpola pikir fixed akan berfikir bahwa kemampuannya memang terbatas, dan dia akan menyerah, bahkan sebelum menjalani tantangan

 

Menerima Kritik dan Saran

Seseorang yang berpola pikir Growth akan terus berfikir bahwa kritik dan saran adalah sesuatu yang positif dan perlu dipertimbangkan, sedangkan orang yang berpola pikir fixed akan berfikir bahwa kritik dan saran adalah apa yang dilakukan sudah benar, kritik dan saran adalah hal yang mengganggu

 

Keahlian Orang Lain

Seseorang yang berpola pikir Growth akan terus berfikir bahwa jika orang lain bisa, maka dia juga bisa, dan orang yang berpola pikir Growth mindset akan mempelajari bagaimana caranya agar menjadi ahli, sedangkan orang yang berpola pikir fixed akan berfikir bahwa hanya orang yang memiliki bakat saja yang bisa melakukannya.


Dari rangkuman diatas, maka kita harusnya tahu apa yang harus kita lakukan untuk mencapai target dalam hidup kita. Setiap orang pasti memiliki goals atau target dalam hidup mereka. misalnya kita memiliki target untuk memiliki rumah di malang, kita tahu bahwa rumah di malang memiliki harga minimal 150 juta, dan misalnya saat ini kita hanya menjadi pegawai dengan berpenghasilan 3 juta per bulan.

 

Seseorang yang berfikir fixed mindset akan berfikir bahwa "hanya anak orang kaya yang bisa punya rumah sendiri", atau "hanya orang berpenghasilan 5 juta yang bisa punya rumah sendiri, itu pun dengan cicilan 15 tahun".

 

Berbeda dengan orang yang berpola pikir growth mindhset, dia akan berkata bahwa "banyak orang yang bisa membeli rumah sendiri, saya akan bertanya kepada mereka bagaimana caranya", atau "saya akan mencari tambahan penghasilan agar saya bisa membeli rumah sendiri meskipun dengan cicilan 15 tahun".

 

dari 2 respon berbeda diatas, bisa kita perkirakan bahwa seseorang dengan pola pikir growth akan memiliki peluang lebih besar untuk memiliki rumah sendiri, meskipun mungkin dengan cicilan 15 tahun, sedangkan orang yang berfikir fixed mindset berpeluang lebih kecil untuk memiliki rumah sendiri, kecuali dengan keajaiban.

 

Jadi, Masih Perlukan Mengubah Pola Pikir? jawaban saya saat ini adalah "Ya, jika kita masih berpola pikir fixed mindset". hanya kalian sendiri yang tahu jawabannya dan bagaimana pola pikir kalian. bagaimana dengan anda?. semoga bermanfaat.

 

Dapatkan insight dari cerita saya yang lain!

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!