Dalam meraih kesuksesan tidak hanya bergantung pada kemampuan dan bakat. Pernah nggak sih kepikiran kalo growth mindset juga mempengaruhi kita dalam meraih kesuksesan?

Growth mindset dapat diartikan sebagai pola pikir seseorang yang memahami bahwa kemampuan atau bakat yang dimilikinya sejak kecil merupakan sebuah permulaan. Mereka percaya bahwa kemampuan dan bakat tersebut dapat terus berkembang dengan kerja keras dan dedikasi. Mereka menanamkan pola pikir untuk terus belajar dan memahami dunia.

Seseorang yang memiliki growth mindset atau pola pikir berkembang cenderung ingin mendapatkan proses belajar yang bermakna dan memiliki pengaruh dalam hidupnya. Mereka tidak hanya ingin terlihat pintar atau terlihat menguasai suatu permasalahan. Pemilik growth mindset sangat menghargai proses dan menjadikan kegagalan bukan sebagai akhir, melainkan sebagai tangga untuk melangkah ke tahap berikutnya.

Nah untuk menerapkan growth mindset kita dapat menerapkan hal-hal berikut dalam kehidupan sehari-hari:

  • Tidak takut mencoba hal baru

Tidak takut untuk mencoba hal baru merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan pola pikir kita. Ketika kita tidak takut mencoba hal baru kita akan selalu mendapatkan proses baru dan mendapatkan pelajaran dan pengalaman baru untuk tumbuh.

  • Tanamkan pada mindset bahwa kegagalan bukanlah akhir

Seringkali ketika kita gagal kita langsung merasa down dan merasa worthless. Hal itu merupakan hal yang sangat wajar dialami ketika kita mengalami kegagalan. Namun alangkah baiknya bahwa kita juga menanamkan pikiran bahwa kegagalan bukanlah sebuah akhir. Adakalanya kita harus bangkit dan memulai lembaran baru dalam hidup kita.

  • Menghargai kritik

Tidak semua orang dapat menghargai kritik kritik dari orang lain. Namun apakah kalian sadar bahwa menghargai bahkan menerima kritik dari orang lain juga merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan pola pikir kita? Ada banyak hal yang bisa dipelajari ketika kita menerima kritikan yang membangun dengan lapang dada. Fokuslah pada kiritk yang dapat membantumu untuk mengembangkan kemampuanmu dan jadikanlah sebagai pacuan untuk menjadi lebih baik.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!