tree, lined, road

How to Set Goals and Become Incredible merupakan course yang singkat tapi menarik dan memberikan wawasan baru bagi saya.

Dari course How to Set Goals and Become Incredible saya mendapatkan sudut pandang baru dan membuat saya mencoba merenungi tujuan saya sendiri sekali lagi. Sebelumnya pandangan saya tujuan hanyalah apa yang saya tuju. Tapi setelah menyimak penjelasan dari Jerry Acuff, tujuan juga adalah Langkah-langkah yang saya ambil serta memberikan arah dan fokus sehingga dapat membuat diri berkembang selama proses meraih kesuksesan.

Setiap orang memiliki tujuan, tapi dalam course ini tujuan yang hebat bukanlah tujuan yang sangat besar melainkan tujuan yang SMART :

Specific

Sebuah tujuan haruslah jelas sehingga seseorang dapat menentukan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

Measurable

Seseorang haruslah dapat memprediksi apakah sebuah tujuan dapat dicapai atau tidak. Apabila tidak, maka perlu dilakukan koreksi diri yang kemudian tujuan selanjutnya haruslah bisa tercapai.

Archievable

Sebuah tujuan haruslah yang besar atau menantang, namun dapat dicapai. Sebuah tujuan haruslah memikirkan apa yang bisa dilakukan, bukan sesuatu yang telah dilakukan atau dari yang diharapkan orang lain kepada diri sendiri.

Realistis

Sebuah tujuan haruslah dapat dicapai dengan kemampuan, keterampilan dan sumber daya yang dimiliki. bukan dari ekspektasi orang lain terhadap diri sendiri.

Time Sensitive

Sebuah Tujuan haruslah memiliki titik akhir, dengan begitu seseorang akan memiliki rasa urgensi dan membuat seseorang semakin merasa berusaha keras untuk mencapai tujuan.

Menurut Jerry Acuff, ada 5 aturan dasar untuk mencapai tujuan. Di mana jika diikuti dapat memberi jaminan untuk mencapai apa yang ingin dilakukan :

  1. Menentukan Tujuan Yang Jelas
  2. Tulislah GOALS Anda
  3. Pastikan GOALS Anda Selaras Dengan Kemampuan Anda
  4. Abaikan Apa Kata Orang
  5. Yakin Kegagalan bukan akhir

Cara menjadi hebat adalah melalui perolehan dan implementasi ide-ide baru. Seseorang tidak dapat menjadi hebat dalam sesuatu tanpa kerja keras dan dedikasi.

Whatever Your Mind Can Conceive and Believe, It Can Achieve - Napoleon Hill

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!