Serunya Menjadi Pendengar

Apapun yang kita lakukan hari ini, adalah hasil dari pembelajaran kita, dan faktor dari kebiasaan. Kita terbiasa berjalan, dimulai dari belajar berjalan. Kita terbiasa bersepeda, dimulai dengan belajar bersepeda.

Sama hal nya dengan mendengar, seringkali kita hanya ingin mendengar apa apa saja yang hanya kita ingin dengar. Sisanya? Yang tidak ingin kita dengar? Kita tepis saja dengan ego kita, tanpa peduli apa yang dimaksud dari sesuatu yang ingin orang lain katakan kepada kita.

Dalam sebuah hubungan (misal dalam hubungan pertemanan), Mendengar ternyata bisa menjadi bumbu yang dapat mempererat hubungan. Karena mendengar merupakan sebuah bukti bahwa kita peduli terhadap apa yang dikatakan/diceritakan orang lain pada kita. Seseorang akan merasa lebih dekat dengan kita, jika kita bisa menjadi pendengar yang baik. Lalu bagaimana caranya?

Ini ada beberapa tips dari pribadi (pengalaman) saya, dan hasil dari belajar dari sumber lain juga, yang mungkin bisa teman teman coba pelajari:

1. Dengarkan orang lain untuk mengumpulkan informasi. Belajarlah mendengar sebelum beradu argumen, menolak, dan membandingkan situasi. Informasi yang kita dengar mempengaruhi sikap kita.

2. Mendengar untuk memberi jawaban atau menyelesaikan masalah.

3. Mendengarlah sebagaimana mestinya. Belajarlah mendengar karena memang kita harus mendengar, bukan karena kita ingin mendengar.

4. Mendengarlah agar kita nyambung dengan orang lain. Jika kita ingin membangun hubungan yang lebih erat, pastikan untuk belajar memperhatikan apa yang orang lain katakan. Belajarlah untuk mendengar dulu sebelum menolak dan berdebat dengan orang lain. Semakin banyak kita diam dan mendengar, semakin kita bisa mengenal seseorang itu.

5. Mendengarlah agar orang lain tahu kita menghargainya. Tidak ada hadiah yang lebih besar yang bisa kita berikan pada seseorang selain membuatnya merasa berharga karena kita mendengarkan apa yang disampaikannya. Ia akan merasa lebih berarti dan dimengerti. Ketika kita mendengar, maka rasa empati juga tumbuh.

Pernah sekali, saya bertekad untuk menerima untuk diajak ngobrol tentang cerita pribadi seseorang yang notabene nya bukan teman dekat, topiknya pun jelas tidak menarik bagi saya. Tapi harus diingat juga, ego harus dikalahkan. Ada orang yang membutuhkan kita untuk menjadi wadahnya dalam meluapkan sebuah emosi.

Saat mendengar, kita juga bisa belajar menilai mengapa ada perbedaan pendapat antarsatu dengan lainnya. Sehingga kita juga bisa menghargai perbedaan cara pandang itu.

6. Mendengarlah untuk membangun sebuah hubungan. Saat kita mendengar, kita belajar untuk membuka hati kita pada orang lain. Jangan mendengar untuk mendapat sesuatu, tetapi mendengarlah untuk bisa terus bersama dengan orang yang kita kasihi. Semakin kita bisa mendengar, semakin terbuka orang di sekitar kita.

7. Mendengarlah untuk belajar dan bertumbuh bersama. Ketika kita belajar mendengar, bukan berarti kita berada pada posisi yang kalah.

Mendengar justru membuat kita belajar bagaimana caranya untuk berbicara pada orang lain. Tentu, kita tidak ingin mendengar jika perkataan seseorang buruk pada kita. Sebaliknya, kita bisa belajar untuk tidak berkata buruk pada orang lain, bukan?

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!

About Beon Angels

Angels tercantyc sekahyangan z:*

15 Comments

  1. Ulfa Chairunnisa on 1 March 2019 at 09:02

    Mantap sekali mas gondes. Mendengar bisa membuat kita bisa lebih berempati terhadap manusia lainnya

    • Ilham Akbar on 1 March 2019 at 10:40

      betul mbak. melatih memanage ego 🙂

  2. Ranggi Ramadhan on 1 March 2019 at 09:13

    Dalem! Tipsnya orisinil, terimakasih sudah mau berbagi ndes 🙂

    • Ilham Akbar on 1 March 2019 at 10:41

      sami sami bos ranggi. semoga bisa terus berlatih untuk bisa mendengar 🙂

  3. Meddy Nur Ardyansyah on 1 March 2019 at 13:24

    Fotomu bagus

    • Ilham Akbar on 13 March 2019 at 17:17

      belajar foto dong wkwk

  4. Al Dinda Rachma Widyansari on 1 March 2019 at 13:33

    Foto dan artikelnya apique ndesssss .
    thank youu..

    jadi diingatkan lagi kalau kita punya 2 telinga untuk lebih banyak mendengar daripada berbicara 🙂

    • Ilham Akbar on 1 March 2019 at 14:43

      nah bener bun, agar supaya bisa lebih mengerti apa yang sebenarnya terjadi 🙂

  5. Sonia Cynthia Elchitian on 2 March 2019 at 13:54

    Muantap, mendengar cerita dr org lain yg meski topiknya ga menarik setidaknya membuat org yg bercerita merasa dihargai dan senang karna sudah didengar

    • Ilham Akbar on 3 March 2019 at 07:53

      Mantabb son, mari belajar mendengar bersama sedikit sedikit, suweru!?

  6. Yolanda Krisnadita on 4 March 2019 at 16:10

    menjadi pengendar yang baik itu perlu belajar terus. pluss jika mendengar + sambil memperhatikan. SUper!!

    • Ilham Akbar on 4 March 2019 at 19:50

      sedang dalam proses belajar. terimakasih atas support dan sarannya! 🙂

  7. Fitra Ardina on 13 March 2019 at 15:01

    mendengar adalah salah satu bentuk menghargai orang lain.
    mantul lanjutkan mas ndes!

    • Ilham Akbar on 13 March 2019 at 17:17

      siap ibu rana surana. yuk belajar mendengar 😉

  8. Syahrul Munir on 5 April 2019 at 10:13

    Don’t just hear, Listen.. ?

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.