Pada hari Jumat,  9 November 2018 di Beon Intermedia lt. 2 telah diadakan sharing session dengan materi Konmari dari kak Elsi. Dari materi itu, saya langsung menerapkan ilmu Konmari dengan cara merapikan meja kerja saya dan mulai disiplin tentang merapikan barang.

Maka dari itulah, saya ingin berbagi dengan menulis artikel ini. Dan inilah hal yang telah saya pelajari dari menerapkan ilmu komari.


1. Kosongkan Meja Kerja

rapikan meja ala konmari

meja sesudah Konmari

Agar meja tetap rapi meski space kerja sempit, kosongkan seisi meja atau ruang kerja terlebih dulu. Kemudian mulai taruh barang-barang yang penting seperti laptop dan botol minum. Kurangi barang-barang yang jarang digunakan dan taruhlah diloker kamu. Jadi meja kerjamu bisa terlihat bersih dengan tampil minimalis.


2. Jangan Menunda Untuk Buang sampah

meja sebelum konmari

Meja Sebelum Konmari

Jangan menaruh sampah di meja kerja kamu. Langsung buang sampah ke tempatnya, agar meja kamu tetap bersih dari remahan snack & sampah. Selain itu, taruh kertas-kertas dokumen pada tempatnya dan pisahkan dari meja kerja.

 

3. Ketahui apa yang sebenarnya dibutuhkan

Meja Minimalist ala konmari

ilustrasi meja minimalist

Kamu pasti sudah bisa membedakan antara mana yang penting, dan mana yang tidak terlalu diperlukan saat kerja. Maka dari itu, kamu perlu memulai untuk disiplin menaruh barang dengan menaruh barang pada tempatnya. Dengan menaruh barang pada tempatnya, kamu akan meminimalkan sifat lupa kamu dan bisa berhemat karena tidak membeli barang yang hilang.


4. Manage file digital 

meja bersih

tata folder digital

Selain meja kerja, kamu juga harus mulai merapikan file digital yang ada di komputer/notebook kamu. Karena dengan merapikan file digital, kamu akan bekerja lebih cepat karena kamu tidak perlu repot mencari dokumen yang tercampur pada folder download 🙂  

Kamu juga sudah harus mulai memindahkan berkas-berkas fisik ke digital dengan cara memindai dokumen atau foto. Setelah itu, bersihkan dekstop dengan mengatur berkas (file). Kumpulkan file sesuai dengan prioritas—seperti membayar tagihan, draft anggaran kuartal berikutnya, materi pemasaran—kemudian membuat folder yang berisi file yang sesuai.


5. Simpan barang-barang tertentu

taruh pensil di tempatnya

Ilustrasi : Tempat untuk peralatan kerja

Mulai singkirkan kertas yang berantakan, termasuk catatan sticky notes dan pindahkan semua catatan pada journal kamu. Selain itu, siapkan almari kecil yang yang dapat menyimpan beberapa barang kecil seperti pulpen, staples, dan barang-barang lain.


6. Rawat dengan baik

meja rapi ala konmari

Ilustrasi : Bersihkan Meja Sebelum Pulang

Kalau sudah mengatur semua meja, jangan sampai berantakan lagi.  Nah, pastikan sisakan waktu 5-10 menit sebelum pulang kerja untuk membereskan meja kerja agar keesokan harinya bisa bekerja dengan keadaan rapi.

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!