Selamat Datang !!

Tujuan hidup adalah hal mendasar untuk manusia bisa bertahan hidup di dunia ini. Setiap orang harus memiliki tujuan, sekecil apa pun itu. Meski begitu, gak jarang banyak orang yang kebingungan mencari tujuan hidup dan pada akhirnya menjalani hidup ala kadarnya. Walhasil, mereka gak menemukan kebahagiaannya sendiri

Tujuan hidup manusia satu dengan yang lainnya pastinya memiliki perbedaan. Kalaupun ada kesamaan pada tujuan hidup, pasti cara menjalankannya berbeda atau sesuai dengan cara pribadi masing-masing individu. 

Ingat juga manusia diciptakan di dunia bukan untuk menikmati hidup tapi kita juga harus menaati peraturannya sembari mencari bekal untuk akhirat

Membuat Rencana Pencapaian Tujuan Hidup

1. Tentukan Peringkat TujuanJika Anda memiliki beberapa tujuan hidup, Anda harus membuatkan rencana pencapaian dengan baik. Mualilah dengan menentukan prioritas atas tujuan hidup yang sudah Anda buat.

2. Kumpulkan Informasi PendukungSetelah Anda menentukan sebuah atau beberapa tujuan yang saling mendukunh, mulai juga untuk mencari tahu bagaimana cara mencapainya.

3. Tentukan Tujuan AntaraPerjuangan mencapai tujuan adalah proses yang panjang dan rumit. Berdasarkan pengetahuan Anda tentang hal-hal yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan, langkah berikutnya adalah menguraikan tujuan menjadi beberapa tujuan antara. Dengan adanya tujuan antara, Anda bisa lebih mudah mengelola proses pencapaian tujuan dengan menentukan rencana langkah demi langkah untuk mencapai tujuan akhir.

4. Tentukan TenggatSetelah Anda menentukan langkah-langkah untuk mencapai tujuan secara terperinci, tentukan tenggat. Buatlah perkiraan yang masuk akal, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan antara dan tentukan tenggat pencapaiannya.

5. Buatlah Rencana untuk Menghadapi KendalaMengantisipasi kemungkinan terjadinya kendala yang harus dihadapi akan membantu Anda menyiapkan rencana untuk menghadapinya, jika benar-benar terjadi.4 dari 4 halaman


Cara Memperjuangkan Tujuan Hidup

1. Ciptakan Lingkungan yang MendukungApapun tujuan hidup Anda, temui atau ciptakan lingkungan yang sesuai untuk mendukung pencapaian tujuan. Berusahalah sebaik mungkin, agar orang-orang dan lingkungan di sekitar Anda tidak menimbulkan kendala.

2. Mulailah BekerjaTentukan tanggal untuk mulai mencapai tujuan Anda. Setelah menentukan kapan harus memulai, segera laksanakan rencana Anda.

3. Berusaha Mencapai Tujuan Secara KonsistenSetelah Anda memulai, kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan hidup terletak pada kegigihan dan konsistensi Anda. Proses ini harus dijalani langkah demi langkah dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh sebab itu, Anda harus terus selalu berusaha dalam berproses.

4. Jagalah Motivasi . Sebab konsistensi adalah hal yang sangat penting. Adanya tujuan antara yang bisa tercapai sangatlah penting untuk mendukung motivasi. Anda akan tetap antusias dan berkomitmen jika berhasil melakukan prosesnya.

5. Catatlah Progres yang Sudah Tercapai agar Anda tetap termotivasi, selalu mecatat progress dan membacanya secara teratur. Tergantung pada tujuan dan preferensi, Anda bisa menggunkan aplikasi, jurnalm atau kalender.

Cara tersebut akan mengingatkan Anda pada tujuan antara yang sudah tercapai. Selain itu, Anda juga akan tetap bertanggung jawab untuk bekerja sesuai dengan jadwal yang sudah Anda tentukan sendiri.

Jadikan hidupmu kedepannya lebih berarti dan jangan mengutamakan yang yang tidak penting

harapannya saya hidup di dunia tidak hanya mencari lezatnya dunia tapi juga bisa menikmati lezatnya akhirat

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!