work-from-home-1200x548-1

Work From Home kedengarannya seperti lanjutan film dari Spiderman yaitu Homecoming dan Far From Home. Phrase ini menunjukkan keadaan dunia saat ini akibat dari imbas penyebaran virus CORONA.  Semua orang mulai dari yang sekolah dan bekerja diinstruksikan untuk berkerja dari rumah. Karena hal ini merupakan aktivitas yang tidak lazim kita lakukan, maka tentunya akan terjadi cerita-cerita unik, lucu, sedih, maupun menyenangkan.

Dalam keadaan WFH ini , pekerjaanku yang sebagai Data Analyst sebenarnya tidak terlalu berpengaruh signifikan. Hal ini karena WFH ini bisa diibaratkan sebagai kerja remote. Sehingga bisa dikatakan bahwa WFH ini bisa juga sebagai simulasi atau gladi bersih jika suatu saat nanti ada kebijakan kerja remote.

Jika dilihat di sosial media, banyak hooman yang mulai bosan karena  gak bisa keluar, hangout, gak bisa ketemu temen, gak ada uang jajan. Sama juga halnya dengan aku, WFH di saat saat ini hanya ditemani oleh laptop dan suara burung-burung berkicau. Bisa dikatakan bahwa aku termasuk golongan REBAHAN atau MAGERAN. Namun aku berfikir, Rebahan sih rebahan, tapi tidak selama ini dong....#@$@% (pake nada coki).

Daripada bosan dan menyebabkan stress, maka perlu strategi menghadapi WFH ini. Tipsnya adalah yang pertama, olahraga jangan lupa. Aku sebisa mungkin jalan-jalan santai di sekitar komplek sekedar untuk mendapatkan sinar matahari (tidak lupa juga menerapkan psyical distancing). Yang penting keluar kosan/rumah dah biar sehat. Yang kedua, karena aktivitas kebanyakan berada di dalam ruangan, maka saat bekerja bisa sambil mendengarkan musik ataupun podcast. Yang ketiga bersih-bersih kosan jadi lebih sering. Yang ke empat melihat kekonyoolan para hooman di social media dan Youtube, Yang kelima merenung kayak meditasi gitu, biar lebih tenang, dan yang terakhir adalah tidur.

Meskipun WFH ini bisa dibilang membosankan, namun pasti ada hikmah dibaliknya. Banyak penyedia kursus online yang mulai menurunkan harga course nya, masak sendiri, lebih banyak waktu bersama keluarga. Kita juga akhirnya memiliki kemampuan video conference online. Di dunia ini ada pekerjaan yang dilakukan dengan menyendiri seperti membaca buku, mengikuti course, meditasi, dan lainnya. Setelah WFH ini harapannya semua orang akan lebih lama bersosilaisasi karena waktu sendiri mereka sudah mereka habiskan. Jangan lupa di WFH ini kita harus

  1. Jangan kebanyakan rebahan
  2. Jangan kebanyakan di depan layar monitor
  3. Jangan lupa meditasi
  4. Dengerin podcast
  5. Watch kekonyolan Hooman di social media
  6. Jangan lupa minum yang banyak

Kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat? Bagikan ke temanmu sekarang yuk!